Bocoran Terbaru Perkuat Apple Serius Garap Kacamata AR

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 21 Apr 2017 08:26 WIB
apple
Bocoran Terbaru Perkuat Apple Serius Garap Kacamata AR
Bocoran laporan insiden internal memperkuat spekulasi pengembangan kacamata AR Apple.

Metrotvnews.com: Setelah sempat beredar sebelumnya, kabar terkait pengembangan kacamata Augmented Reality (AR) kembali ramai diperbicangkan. Kabar tersebut menyatakan Apple tengah mengembangkan kacamat tersebut setidaknya dalam satu tahun terakhir.

Menurut Phone Arena, Apple sangat tertarik pada teknologi tersebut, terlebih setelah sang CEO yaitu Tim Cook menyatakan AR akan menjadi teknologi besar di masa mendatang. Sementara itu, Google telah mencoba untuk menghadirkan AR ke ranah umum melalui Google Glass.

Namun, konsep Google Glass secara keseluruhan dinilai menjadi rumit dan mahal, tidak hanya untuk Google, tapi juga untuk konsumen potensial. Sudah mengutarakan pendapatnya terkait AR, hingga saat ini rencana Tim Cook mengembangkan kacamata AR hanya sekadar pembahasan.

Jika sebelumnya belum tersedia informasi yang dinilai mampu mengonfirmasi kabar pengembangan kacamata AR karya Apple tersebut, baru-baru ini beredar sejumlah laporan insiden yang mengindikasikan Apple tengah mengembangkan kacamata tersebut.

Salah satu laporan menyebut pegawai Apple mengeluhkan ketidaknyamanan pada salah satu matanya, setelah menguji perangkat prototipe tanpa nama yang diperkirakan memanfaatkan laser. Pegawai tersebut mengeluh kepada ahli kacamata dan pengujian prototipe ditunda demi pemeriksaan. Insiden ini terjadi pada 21 Februari.

Pada 2 Maret, pegawai lain mengeluhkan sakit pada mata setelah mencoba prototipe baru, dan diperkirakan sebagai dampak dari penggunaan perangkat. Laporan terkait insiden tersebut juga mencantumkan pernyataan bahwa pegawai menyadari katup pengaman pada case (bagian luar) magenta rusak, dan memperkirakan kerusakan tersebut disengaja.

Penggunaan laser pada perangkat AR dinilai masuk akan. Salah satu teori yang disimpulkan dari laporan tersebut menyebut kacamata AR Apple akan berbekal suatu bentuk teknologi pelacakan mata laser, sehingga perangkat dapat memperkirakan arah dari pandangan penggunanya.

Hal ini memungkinkan perangkat mengubah antarmuka pengguna berbasis hal yang dilihat pengguna perangkat tersebut. Namun lagi-lagi, hal ini masih merupakan spekulasi hingga mendapatkan konfirmasi secara langsung dari pihak Apple.

Berdasarkan laporan insiden yang seharusnya merupakan laporan internal tersebut, perangkat baru ini masih memerlukan waktu pengembangan lebih lama guna memastikan keamanannya sebelum ditawarkan kepada konsumen.


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

6 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /