Bocoran Terbaru Perkuat Apple Serius Garap Kacamata AR

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 21 Apr 2017 08:26 WIB
apple
Bocoran Terbaru Perkuat Apple Serius Garap Kacamata AR
Bocoran laporan insiden internal memperkuat spekulasi pengembangan kacamata AR Apple.

Metrotvnews.com: Setelah sempat beredar sebelumnya, kabar terkait pengembangan kacamata Augmented Reality (AR) kembali ramai diperbicangkan. Kabar tersebut menyatakan Apple tengah mengembangkan kacamat tersebut setidaknya dalam satu tahun terakhir.

Menurut Phone Arena, Apple sangat tertarik pada teknologi tersebut, terlebih setelah sang CEO yaitu Tim Cook menyatakan AR akan menjadi teknologi besar di masa mendatang. Sementara itu, Google telah mencoba untuk menghadirkan AR ke ranah umum melalui Google Glass.

Namun, konsep Google Glass secara keseluruhan dinilai menjadi rumit dan mahal, tidak hanya untuk Google, tapi juga untuk konsumen potensial. Sudah mengutarakan pendapatnya terkait AR, hingga saat ini rencana Tim Cook mengembangkan kacamata AR hanya sekadar pembahasan.

Jika sebelumnya belum tersedia informasi yang dinilai mampu mengonfirmasi kabar pengembangan kacamata AR karya Apple tersebut, baru-baru ini beredar sejumlah laporan insiden yang mengindikasikan Apple tengah mengembangkan kacamata tersebut.

Salah satu laporan menyebut pegawai Apple mengeluhkan ketidaknyamanan pada salah satu matanya, setelah menguji perangkat prototipe tanpa nama yang diperkirakan memanfaatkan laser. Pegawai tersebut mengeluh kepada ahli kacamata dan pengujian prototipe ditunda demi pemeriksaan. Insiden ini terjadi pada 21 Februari.

Pada 2 Maret, pegawai lain mengeluhkan sakit pada mata setelah mencoba prototipe baru, dan diperkirakan sebagai dampak dari penggunaan perangkat. Laporan terkait insiden tersebut juga mencantumkan pernyataan bahwa pegawai menyadari katup pengaman pada case (bagian luar) magenta rusak, dan memperkirakan kerusakan tersebut disengaja.

Penggunaan laser pada perangkat AR dinilai masuk akan. Salah satu teori yang disimpulkan dari laporan tersebut menyebut kacamata AR Apple akan berbekal suatu bentuk teknologi pelacakan mata laser, sehingga perangkat dapat memperkirakan arah dari pandangan penggunanya.

Hal ini memungkinkan perangkat mengubah antarmuka pengguna berbasis hal yang dilihat pengguna perangkat tersebut. Namun lagi-lagi, hal ini masih merupakan spekulasi hingga mendapatkan konfirmasi secara langsung dari pihak Apple.

Berdasarkan laporan insiden yang seharusnya merupakan laporan internal tersebut, perangkat baru ini masih memerlukan waktu pengembangan lebih lama guna memastikan keamanannya sebelum ditawarkan kepada konsumen.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

16 hours Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.