Pengguna Facebook Surabaya Bisa Sebar Notifikasi Safety Check

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 14 May 2018 12:23 WIB
facebook
Pengguna Facebook Surabaya Bisa Sebar Notifikasi Safety Check
Fitur safety check di Facebook.

Jakarta: Apakah Anda berada di dekat atau di kota dimana lokasi tragedi teror terjadi? Anda menerima notifikasi bernama safety check di halaman Facebook Anda?

Apabila iya, maka fitur tersebut patut Anda gunakan untuk bisa segera memberikan informasi ke teman-teman di Facebook bahwa Anda bahwa kondisi baik-baik saja meskipun di kota atau lokasi Anda terjadi insiden teror.

Fitur safety check atau pemerikasaan keselamatan dirilis oleh Facebook sejak tahun 2014 untuk mengabarkan angota keluarga maupun rekan Anda di media sosial bahwa kondisi Anda aman dari sebuah insiden teror atau bencana alam yang terjadi di sekitar lokasi Anda.

Fitur ini biasanya akan muncul dengan sendirinya apabila banyak pengguna Facebook yang ada di sekitar lokasi Anda dan lokasi insiden teror atau bencana alam membuat unggahan tentanng insiden tersebut jadi Facebook memantau unggahan setiap penggunanya dan mencari kesamaan di seluruh status Facebook.



Selain itu, Facebook bisa mengetahui lewat alamat kota tempat tinggal Anda yang sudah Anda masukkan dalam profil Facebook. Meskipun Anda tidak berada pas di lokasi insiden namun apabila banyak orang yang membicarakan insiden di kota Anda maka kemungkinan besar Anda juga akan mendapatkan notifikasi safety check.

Nantinya, pada halaman notifikasi safety check akan tersedia pilihan untuk memberikan kabar dengan cepat terkait kondisi Anda, apakah aman atau membutuhkan bantuan.

Di dalamnya juga tersedia fitur. Anda yang tidak mendapatkannya juga bisa mengakses halaman safety check dengan mencarinya lewat kolom pencarian di Facebook.



Di dalamnya Anda bisa meminta pertolongan atau menawarkan pertolongan dalam beragam bentuk sehingga memudahkan mereka yang mencari pertolongan dengan memanfaatkan layanan safety check Facebook.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.