Alibaba Gandeng Daimler, Audi, dan Volvo Pasang Solusi AI Otomotif

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 25 Apr 2018 17:02 WIB
alibaba
Alibaba Gandeng Daimler, Audi, dan Volvo Pasang Solusi AI Otomotif
Ilustrasi: Alibaba

Jakarta: Alibaba A.I. Labs mengumumkan Daimler, Audi, dan Volvo Cars menjadi merek mobil pertama yang resmi mengadopsi solusi Auto Artificial Intelligence milik Labs.

Solusi ini diklaim menghubungkan pelanggan dengan mobil mereka melalui Tmall Genie, yaitu asisten smart voice pertama dari Labs. Alibaba berencana melakukan kolaborasi dengan merek mobil lainnya yang tertarik untuk meningkatkan pengalaman mobilitas pemilik mobil di Tiongkok.
 
A.I. Labs merupakan institusi riset yang didirikan oleh Alibaba Group tahun lalu untuk mengeksplorasi lebih jauh interaksi manusia dan komputer melalui aplikasi dan produk yang didukung oleh AI.
 
Solusi terbaru Auto AI memungkinkan mobil-mobil di Tiongkok terhubung dengan Tmall Genie melalui cloud, sehingga pengguna dapat berbicara melalui smart speaker mereka di rumah untuk memonitor status mobil mereka atau memberikan perintah sederhana.

Contohnya adalah mengecek apakah mobil siap untuk berjalan, pintu terkunci atau jendela terbuka, lokasi mobil dan status bensin. Teknologi ini juga diklaim bisa memastikan onderdil mobil, termasuk mesin dan baterai dalam kondisi prima. Tak lupa juga mengunci pintu, menyalakan AC, merencanakan rute, dan menghitung lama perjalanan.

Ini pertama kalinya Tmall Genie dapat dihubungkan dengan kendaraan dan menawarkan layanan AI dari rumah ke mobil di Tiongkok. Dalam waktu dekat, pelanggan Mercedes-Benz CONNECT, Audi Connect, dan Volvo Cars dapat memonitor dan mengontrol fungsi kendaraan mereka dari rumah dengan alat yang dapat dihubungkan dengan Tmall Genie.
 
“Sama seperti rumah dan kantor, mobil adalah lingkungan tempat manusia menghabiskan cukup banyak waktu, dan dengan konektivitas hal ini dapat menjadi bagian penting dari hidup,” ujar Lijuan Chen, Kepala Alibaba A.I. Labs.
 
“Kami berharap kolaborasi ini dapat menciptakan pengalaman mobilitas yang lebih cerdas dan personal,” tambah Chen.
 
Ke depannya, Labs berharap dapat mengeksplor lebih jauh layanan seperti speech interaction dan Natural Language Processing (NLP) pada AI otomotif dengan mengintegrasi fitur AliGenie, platform AI yang membantu Tmall Genie.

Fitur-fitur ini akan mendukung sistem operasional kendaraan mulai dari perintah suara untuk menghidupkan navigasi mobil and sistem hiburan. Pengguna bahkan dapat mengontrol peralatan Tmall Genie yang ada di rumah melalui mobil mereka.
 
Untuk keamanan dari kontrol kendaraan, teknologi cetak suara akan digunakan untuk mengidentifikasi suara pengguna resmi sebelum menjalankan perintah suara.
 
Alibaba AI Labs mengumumkan peluncuran AliGenie 2.0 bulan lalu yang melengkapi Tmall Genie dengan kemampuan pengenalan visual yang memungkinkan untuk memindai dan membaca buku serta label pada produk obat-obatan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.