Pengamat: iPhone 7 Isi 10% Pasar iPhone

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 19 Oct 2016 08:03 WIB
apple
Pengamat: iPhone 7 Isi 10% Pasar iPhone
Sejumlah analis mengoreksi prediksi terkait pendistribusian pada kuartal yang berakhir di September dan Desember.

Metrotvnews.com: Aaron Rakers, analis Apple di perusahaan bernama Stifel Nicolaus, mengumumkan prediksi pendistribusian iPhone untuk kuartal yang berakhir pada bulan September lalu, dan kuartal liburan yang berakhir pada bulan Desember.

Untuk kuartal yang berakhir pada September lalu, Rakers memperkirakan Apple telah mendistribusikan 47 juta unit iPhone. Perkiraan ini mengoreksi prediksi Rakers sebelumnya, yang meramalkan Apple mendistribusikan sebanyak 42,2 juta unit iPhone selama kuartal tersebut.

Selain kuartal lalu, Rakers juga memperkirakan Apple akan mendistribusikan sebanyak 76,6 unit iPhone selama kuartal liburan yang akan berakhir pada Desember mendatang. Hal ini berbeda dari prediksi Rakers sebelumnya, yang memperkirakan pendistribusian iPhone pada kuartal tersebut sebesar 69,9 juta unit.

Prediksi Rakers sebelumnya untuk kuartal liburan tersebut lebih rendah, sementara prediksi baru lebih tinggi dibandingkan perkiraan yang diumumkan oleh Wall Street, yaitu 75,4 juta unit iPhone. Peningkatan pendistribusian tersebut juga akan bertambah pada minggu terakhir menjelang pergantian tahun.

Sementara itu, Rakers juga memperkirakan, dari hampir 700 juta unit iPhone yang terdapat di seluruh dunia, sebanyak delapan hingga 10 persen akan digantikan oleh iPhone seri terbaru, yaitu iPhone 7. Hal ini berarti upgrade tersebut akan berkontribusi sebesar 80 persen dari 76,6 juta unit model iPhone yang didistribusikan selama kuartal liburan.

Kontribusi 80 persen tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2014 dan 2015, dengan persentase kisaran upgrade sebesar 50 persen. Selain Raker, analis lain juga mengumumkan prediksi terbarunya terkait pendistribusian Apple.

Analis bernama Sherri Scribner dari Deutsche Bank tersebut memperkirakan Apple akan melaporkan pendistribusian iPhone sebanyak 46 juta unit untuk kuartal yang berakhir di September dan 75 juta unit untuk kuartal yang berakhir di bulan Desember.

Perubahan prediksi para analis ini merupakan dampak dari permasalahan yang dialami Samsung Galaxy Note 7, yang berakhir dengan keputusan penghentian produksinya. Sebelumnya, analis dari Drexel Hamilton, yaitu Brian White, juga memprediksi hal serupa.


(MMI)