AMD Batasi Penggunaan NVIDIA SLI di Motherboard AM4

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 25 Feb 2017 15:20 WIB
amd
AMD Batasi Penggunaan NVIDIA SLI di Motherboard AM4
Hanya motherboard X370 yang mendukung NVIDIA SLI

Metrotvnews.com: AMD hanya memberikan dukungan teknologi NVIDIA SLI di motherboard yang menggunakan chipset X370 saja.

Menurut TechPowerUp, chipset AM4 yang lain, yaitu B350 dan A320, tidak akan mendukung teknologi kartu grafis ganda dari NVIDIA. Sementara itu, hanya motherboard dengan chipset X370 dan B350 yang bisa mendukung teknologi AMD CrossFire.

Pengguna motherboard A320 nantinya hanya bisa menggunakan satu kartu grafis saja.

Langkah AMD tersebut dikatakan merupakan dampak dari perkembangan teknologi yang kini tren penggunaan kartu grafis ganda sudah mulai ditinggalkan, bahkan di kelas enthusiast sekalipun.

Pergeseran tren tersebut juga dikatakan merupakan dampak dari perkembangan teknologi kartu grafis yang kini memiliki performa semakin kencang sehingga pengguna PC tidak perlu lagi menggunakan dua kartu grafis untuk mengakomodasi kebutuhannya.



Alasan lain AMD hanya menghadirkan fitur kartu grafis ganda di motherboard tertentu pada platform barunya adalah untuk membatasi ruang gerak NVIDIA. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, AMD hanya menghadirkan fitur NVIDIA SLI di motherboard dengan chipset X370 yang merupakan varian kelas atas. 

Selain itu, AMD juga tidak ingin menghamburkan uangnya untuk diberikan ke NVIDIA. Agar bisa menggunakan teknologi SLI, AMD harus membayar "pajak khusus" ke NVIDIA untuk setiap chipset yang diproduksinya. Pembatasan ini tentu akan membuat alokasi dana AMD ke NVIDIA akan semakin minim.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.