AMD Batasi Penggunaan NVIDIA SLI di Motherboard AM4

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 25 Feb 2017 15:20 WIB
amd
AMD Batasi Penggunaan NVIDIA SLI di Motherboard AM4
Hanya motherboard X370 yang mendukung NVIDIA SLI

Metrotvnews.com: AMD hanya memberikan dukungan teknologi NVIDIA SLI di motherboard yang menggunakan chipset X370 saja.

Menurut TechPowerUp, chipset AM4 yang lain, yaitu B350 dan A320, tidak akan mendukung teknologi kartu grafis ganda dari NVIDIA. Sementara itu, hanya motherboard dengan chipset X370 dan B350 yang bisa mendukung teknologi AMD CrossFire.

Pengguna motherboard A320 nantinya hanya bisa menggunakan satu kartu grafis saja.

Langkah AMD tersebut dikatakan merupakan dampak dari perkembangan teknologi yang kini tren penggunaan kartu grafis ganda sudah mulai ditinggalkan, bahkan di kelas enthusiast sekalipun.

Pergeseran tren tersebut juga dikatakan merupakan dampak dari perkembangan teknologi kartu grafis yang kini memiliki performa semakin kencang sehingga pengguna PC tidak perlu lagi menggunakan dua kartu grafis untuk mengakomodasi kebutuhannya.



Alasan lain AMD hanya menghadirkan fitur kartu grafis ganda di motherboard tertentu pada platform barunya adalah untuk membatasi ruang gerak NVIDIA. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, AMD hanya menghadirkan fitur NVIDIA SLI di motherboard dengan chipset X370 yang merupakan varian kelas atas. 

Selain itu, AMD juga tidak ingin menghamburkan uangnya untuk diberikan ke NVIDIA. Agar bisa menggunakan teknologi SLI, AMD harus membayar "pajak khusus" ke NVIDIA untuk setiap chipset yang diproduksinya. Pembatasan ini tentu akan membuat alokasi dana AMD ke NVIDIA akan semakin minim.


(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

6 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /