Tidak Percaya Microsoft, Lenovo Ogah Produksi Windows Phone

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 05 Oct 2016 11:50 WIB
lenovowindows
Tidak Percaya Microsoft, Lenovo Ogah Produksi Windows Phone
Ilustrasi: Windows Central

Metrotvnews.com: COO Lenovo Gianfranco Lanci mengatakan bahwa perusahaan mereka tidak memiliki rencana untuk memproduksi Windows Phone.

Ini sebagai jawaban terhadap keputusan Microsoft yang katanya tidak terlihat serius dalam menggarap platform mobile mereka. Oleh karena itu, menurutnya masa pakai ponsel berbasis sistem operasi Windows 10 mobile tidak akan berbeda dengan versi sebelumnya.

"Saya tidak melihat adanya kebutuhan untuk memperkenalkan Windows Phone terbaru. Dan saya tidak percaya Microsoft akan memberikan dukungan kepada ponsel tersebut kedepannya," kata Lanci kepada The Next Web.

Pernyataan tersebut sebenarnya juga didukung oleh beberapa perubahan kebijakan Microsoft yang lebih memprioritaskan OS untuk PC dan laptop mereka.

Lenovo sendiri merupakan salah satu produsen PC dan laptop berbasis Windows terbesar, dan tahun lalu juga pernah mengumumkan rencana untuk meluncurkan Windows Phone di Tiongkok.

Sayangnya, rencana tersebut tidak terwujud. Mereka kemudian menggarap ponsel Softbank 503LV, yang dijadwalkan meluncur awal 2017 di Jepang.

Windows 10 Mobile adalah sistem operasi mobile terbesar ketiga tahun lalu, setelah iOS dan Android. Namun, pertumbuhannya tidak mampu menyusul kedua pesaingnya ini. Selain itu, pada tahun ini mereka juga mengurangi jumlah karyawan yang bekerja di divisi smartphone.

Di sisi lain, kabarnya Microsoft akan meluncurkan Surface Phone akhir tahun ini. Sayangnya, itu juga tidak lebih dari sekadar rumor.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.