Huawei Tolak Kesempatan Buat Ponsel Pixel

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 04 Oct 2016 08:03 WIB
huawei
Huawei Tolak Kesempatan Buat Ponsel Pixel
Huawei menolak penawaran Google untuk memproduksi ponsel terbarunya, Pixel dan Pixel XL.

Metrotvnews.com: Smartphone terbaru Google akan diluncurkan pada acara yang diselenggarkan 4 Oktober ini, diciptakan oleh HTC. Namun, informasi yang beredar menyebut HTC bukanlah pilihan pertama Google sebagai produsen perangkatnya.

Sebelum jatuh ke HTC, Huawei merupakan produsen yang ditunjuk sebagai pilihan pertama untuk memproduksi ponsel Google Pixel dan Pixel XL. Namun, Huawei menolak penunjukan tersebut. Penunjukan HTC juga mewakili perubahan kemitraan Google dengan produsen perangkatnya.

Perangkat Google sebelumnya, yaitu Nexus 5X dan Nexus 6P, menjadi perangkat terakhir yang menunjukan kerjasama antara raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut dengan LG dan Huawei. Google Nexus 6P menjadi salah satu perangkat Nexus yang dinilai paling sukses dan paling canggih.

Namun, kesuksesan Nexus 6P tidak membuat Huawei dengan mudah menyetujui penawaran Google. Huawei menolak penawaran Google tersebut setelah mengalami kebuntuan pada tahap negosiasinya, yang dimanfaatkan oleh HTC.

Penolakan Huawei juga disebabkan oleh kegagalan Nexus 6P membantu perusahaan asal Tiongkok tersebut untuk mencapai tujuan awal yang ditawarkan Google, yaitu untuk memperkukuh eksistensinya di pasar Amerika Serikat. Google menjanjikan pemasaran perangkat Huawaei tersebut melalui empat operator besar di negara adi daya tersebut.

Selain itu, Google juga menjanjikan Nexus 6P dipasarkan melalui outlet terbaik di Amerika Serikat. Namun, skenario berubah sebab Nexus 6P kemudian dipasarkan secara ekslusif di Google Store. Huawei juga hanya diizinkan menjual perangkat tersebut melalui situsnya, bukan melalui situs kerja sama keduanya, seperti yang dijanjikan Google.

Tidak memproduksi perangkat seri Pixel untuk Google, kerja sama antara kedua raksasa teknologi tersebut dinilai belum berakhir. Keduanya dikabarkan berkolaborasi dalam pengembangan tablet terbaru pada seri Nexus.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

1 day Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.