Kepolisian Sukabumi Buat Aplikasi Tombol Panik

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 03 Oct 2016 18:27 WIB
digitalnkri
Kepolisian Sukabumi Buat Aplikasi Tombol Panik
Kepolisian Resor Sukabumi menciptakan aplikas Tombol Panik untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan insiden kriminalitas.

Metrotvnews.com, Sukabumi: Teknologi terbukti dapat membantu menghadirkan kemudahan bagi kehidupan manusia, salah satunya di bidang keamanan. Bukan hanya keamanan siber, teknologi juga kini juga bermanfaat untuk menghadirkan keamanan secara fisik.

Hal ini ditunjukan oleh pihak kepolisian Resor Sukabumi yang memanfaatkan teknologi untuk menghadirkan solusi penanganan keamanan untuk masyarakat di area tersebut. Pemanfaatan tersebut dihadirkan dalam bentuk aplikasi bernama Tombol Panik.

"Polisi dari Polres Sukabumi akan segera untuk datang ke tempat dimana masyarakat yang memerlukan bantuan tersebut. Dengan cara, tentunya, melihat aplikasi tersebut, kemudian dicek posisinya, dan juga akan tergambar posisinya di Google Maps, terkait dengan arah tujuan masyarakat yang memerlukan bantuan," ujar Kapolres Sukabumi, AKBP Muhammad Ngajib.

Masyarakat Sukabumi dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dengan menekan tombol di dalam aplikasi sebanyak tiga kali. Menekan tombol tersebut akan engirimkan sinyal yang diterjemahkan ke dalam suara sirine pada perangkat di jajaran kepolisian Sukabumi, yang dipantau oleh tim khusus.

Kehadiran aplikasi ini juga ditujukan untuk memungkinkan warga Sukabumi di area terpencil untuk mendapatkan bantuan saat mengalami insiden kriminalitas. Selain itu, aplikasi ini juga mempermudah pihak kepolisian dalam menjangkau lokasi pelapor insiden tersebut, berkat tampilan titik lokasi pada aplikasi.

Sejumlah warga Sukabumi yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi ini mengaku merasa terbantu dengan kehadiran. Salah seorang warga bernama Seti Susanti mengaku aplikasi ini memungkinkannya sebagai warga untuk dapat langsung menghubungi pihak kepolisian saat mengalami atau menyaksikan tindak kejahatan.

Menggunakan sistem operasi Android sebagai basisnya, warga dapat mengunduh aplikasi ini melalui toko aplikasi Google, yaitu Play Store, secara gratis.

 


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /