Ini Tanggapan Lazada Soal Pembobolan Akun Konsumennya

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 12 Apr 2016 14:31 WIB
lazada
Ini Tanggapan Lazada Soal Pembobolan Akun Konsumennya
Kerja sama Lazada dan GO-JEK sambut Big App Sale, Selasa (12/4/2016). MTVN/UTHI

Metrotvnews.com, Jakarta: Lazada Indonesia menanggapi masalah terkait pembobolan akun yang dialami sejumlah pengguna yang terjadi pada minggu lalu, pada acara pengumuman kerjasama dengan Go-Jek hari ini, Selasa (12/4/2016).

"ATO atau Account Take Over umum terjadi. Pembobolan tidak terjadi di Lazada, tapi bisa karena email dan password untuk log in ke Lazada dapat diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm.

Holm juga menjelaskan, Lazada Indonesia tetap membantu pengguna yang mengalami permasalahan ini dengan membatalkan pesanan dan mengembalikan dana yang dikeluarkan pengguna.

Untuk mengantisipasi hal ini kembali terjadi, Lazada Indonesia menerapkan sistem verifikasi dua langkah, yaitu melalui email saat terjadi transaksi melalui kartu kredit serta melalui sms. Namun, Holm menyebut verifikasi di tahap kedua dapat berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing bank.

Pada minggu lalu, sejumlah pengguna Lazada melaporkan terjadinya transaksi pada akun dan menggunakan kartu kredit mereka, tanpa sepengetahuan pengguna.

Salah satunya adalah pengguna bernama Adinda Mutia Muwardati yang mengaku mendapatkan email transaksi pembelian dari Lazada Indonesia senilai Rp1.000.000 untuk pembelian pulsa. Sementara Adinda mengaku dirinya melakukan transaksi terakhir di Lazada pada Juni 2015.


(MMI)

Video /