Berpotensi Besar, XL Kembangkan Jaringan di Sulawesi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 22 Sep 2016 17:11 WIB
xl
Berpotensi Besar, XL Kembangkan Jaringan di Sulawesi
Pengecekan shelter site Mapanget Manado.

Metrotvnews.com, Jakarta: XL percaya, Sulawesi merupakan kawasan yang memiliki potensi besar dalam industri layanan telekomunikasi dan data.

Ini merupakan salah satu alasan XL untuk memperkuat jaringannya di Sulawesi. Hal ini disampaikan oleh Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya dalam sebuah pernyataan resmi. 

"Kota-kota di Sulawesi terlihat semakin menggeliat, seiring dengan pembangunan berbagai sarana infrastruktur. Karena itulah kami optimis, secara bisnis wilayah ini cukup menjanjikan dan kami pun tak ragu untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jaringan di sana, sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar yang ada," kata Yessie. 

Selain itu, harapan XL membangun jaringan di Sulawesi adalah untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi. Saat ini, XL memiliki 1.850 BTS di Sulawesi, 40 persen di antaranya merupakan BTS 3G dan 4G. Dengan semua BTS itu, XL telah menjangkau 58 kabupaten di 4 provinsi.

Manado menjadi kota pertama di Sulawesi yang mendapatkan layanan 4G. Dari 85 ribu pelanggan XL di ibukota Sulawesi Utara itu, 23 persen di antaranya merupakan pelanggan 4G. XL menyebutkan, pelanggan 4G terus naik. Dalam periode Desember 2015 - Agustus 2016, terdapat kenaikan hingga 870 persen. 

Hal ini juga tercermin dari naiknya trafik data. XL mengatakan, rata-rata trafik data di Manado per harinya mencapai 2TB. Sebagai perbandingan, pada bulan April lalu Yessie menyebutkan setiap harinya, jaringan XL harus mengatasi data sebesar 1.350TB.

Tampaknya, belakangan, XL mulai fokus untuk mengembangkan jaringan di luar jawa. Di bulan Agustus lalu, XL membangun jaringan fiber optik Banjarmasin-Balikpapan. Sementara minggu lalu, XL mulai menggunakan teknologi U900.


(MMI)