Apple Gaet Consumer Reports Demi Temukan Masalah Baterai MacBook Pro

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 25 Dec 2016 13:12 WIB
applemacbook
Apple Gaet Consumer Reports Demi Temukan Masalah Baterai MacBook Pro
MacBook Pro terbaru punya masalah dengan baterai.

Metrotvnews.com: Apple bekerja sama dengan Consumer Reports untuk mencari tahu mengapa hasil tes baterai dari situs tersebut tidak sesuai dengan perkiraan Apple.

Consumer Reports merilis sebuah artikel yang mengejutkan, mengatakan bhawa mereka tidak bisa merekomendasikan MacBook Pro karena baterainya yang tidak stabil.

"Hasil pengujian baterai MacBook Pro sangat tidak konsistem dari satu tes ke tes lain," tulis Consumer Reports. Menurut CNET, kali ini adalah pertama kalinya MacBook tidak menjadi laptop yang disarankan oleh Consumer Reports.

Senior Vice President Apple, Phil Schiller membuat tweet pada hari Jumat mengatakan bahwa Apple sedang "bekerja sama dengan CR untuk mengerti tes baterai mereka. Hasil tidak sesuai dengan tes lab dan data dari lapangan milik kami."

Dalam artikelnya, Consumer Reports mengatakan, tes internal mereka menunjukkan bahwa adanya ketidakstabilan daya baterai pada MacBook Pro yang tidak sedang diisi baterainya. Misalnya, dalam model 13 inci tanpa Touch Bar, daya tahan baterai berkisar antara 19,5 jam dan 4,5 jam. Sementara Apple berkata, perangkat tersebut seharusnya dapat bertahan selama 10 jam.

"Dalam tes performa dan kualitas layar, laptop-laptop ini mendapatkan nilai yang sangat baik, tapi dalam tes daya baterai, kami menemukan bahwa berbagai model laptop ini memiliki baterai yang bertahan dalam waktu yang sangat berbeda-beda saat diuji dalam beberap tes," ujar Consumer Reports dalam sebuah blog post.

Pada akhirnya, mereka memberikan nilai 56 dari 100 untuk MacBook Pro 15 inci. Sementara versi 13 inci dengan Touch Bar mendapatkan nilai 40 dan versi tanpa Touch Bar mendapatkan nilai 47 dari nilai tertinggi 100.

"Untuk tes baterai, kami mengunduh satu set dari 10 halaman situs secara berurutan, mulai dari baterai penuh hingga laptop mati," tulis Consumer Reports.

"Halaman situs itu tersimpan di server di lab kami dan dikirimkan melalui jaringan WiFi yang dipasang khusus untuk tes ini. Kami melakukan tes baterai menggunakan peramban utama sebuah komputer -- di MacBook Pro, itu adalah Safari."

MacBook Pro, yang dirilis pada bulan Oktober, tidak mendapatkan sambutan sebaik yang Apple harapkan karena adanya berbagai masalah mulai dari daya tahan baterai, harga hingga dongle yang diperlukan. 


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

3 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.