Jumlah Penonton YouTube Berkurang, Ada Apa?

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 27 Dec 2016 11:37 WIB
youtube
Jumlah Penonton YouTube Berkurang, Ada Apa?
PewDiePie, salah satu selebriti YouTube dengan jumlah subscriber terbanyak (YouTube/PewDiePie)

Metrotvnews.com: Meski masih merupakan situs berbagi video paling besar, jumlah aktivitas di YouTube dilaporkan turun akhir-akhir ini.

Menurut laporan Fortune, kanal YouTube yang memiliki subscriber lebih dari 10 juta pengguna mengalami penurunan jumlah penonton yang sangat signifikan di setiap video yang dirilis. Mengacu studi yang dilakukan oleh badan statistik SocialBlade, 49 kanal besar yang biasanya berhasil menarik 4,1 juta penonton per harinya kini mengalami penurunan jumlah penonton hingga ke angka 3,7 juta.

Kebanyakan penurunan tersebut terjadi di semester kedua tahun 2016. Penelitian SocialBlade kali ini berfokus pada kanal para YouTuber ternama, seperti Jacksepticeye dan PewDiePie, serta tidak memasukkan kanal media besar, jaringan televisi, dan perusahaan rekaman.
 
Hingga kini topik menurunnya jumlah penonton di berbagai kanal selebriti YouTube masih menjadi perdebatan.

Beberapa mengatakan penurunan tersebut disebabkan oleh berubahnya kebijakan YouTube dalam menghitung jumlah penonton di setiap video. Sementara pendapat lain mengatakan adanya intervensi YouTube terhadap bot yang sengaja dibuat untuk meningkatkan jumlah penonton di setiap video.

Namun, pendapat yang paling menarik adalah adanya indikasi YouTube mengubah algoritma pencarian video serta promosinya yang membuat pengguna lebih jarang untuk menonton video dari kanal yang di-subscribe. Dengan demikian, jumlah subscriber di kanal YouTube hanya akan memberikan dampak yang tidak terlalu besar bagi YouTuber.
 
Perdebatan juga terjadi di antara YouTube dan badan statistik seperti SocialBlade. Melalui akun Twitter resminya, YouTube secara terang-terangan mengatakan bahwa data yang dirilis oleh SocialBlade tidak akurat.

Klaim YouTube tersebut kemudian dibalas oleh SocialBlade yang mengatakan mereka menggunakan API resmi YouTube untuk mendapatkan data tersebut, sehingga jika ada kesalahan maka YouTube yang seharusnya bertanggung jawab.

Bagaimana menurut Anda, apakah YouTube semakin sepi pengunjung akhir-akhir ini?


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.