Jumlah Penonton YouTube Berkurang, Ada Apa?

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 27 Dec 2016 11:37 WIB
youtube
Jumlah Penonton YouTube Berkurang, Ada Apa?
PewDiePie, salah satu selebriti YouTube dengan jumlah subscriber terbanyak (YouTube/PewDiePie)

Metrotvnews.com: Meski masih merupakan situs berbagi video paling besar, jumlah aktivitas di YouTube dilaporkan turun akhir-akhir ini.

Menurut laporan Fortune, kanal YouTube yang memiliki subscriber lebih dari 10 juta pengguna mengalami penurunan jumlah penonton yang sangat signifikan di setiap video yang dirilis. Mengacu studi yang dilakukan oleh badan statistik SocialBlade, 49 kanal besar yang biasanya berhasil menarik 4,1 juta penonton per harinya kini mengalami penurunan jumlah penonton hingga ke angka 3,7 juta.

Kebanyakan penurunan tersebut terjadi di semester kedua tahun 2016. Penelitian SocialBlade kali ini berfokus pada kanal para YouTuber ternama, seperti Jacksepticeye dan PewDiePie, serta tidak memasukkan kanal media besar, jaringan televisi, dan perusahaan rekaman.
 
Hingga kini topik menurunnya jumlah penonton di berbagai kanal selebriti YouTube masih menjadi perdebatan.

Beberapa mengatakan penurunan tersebut disebabkan oleh berubahnya kebijakan YouTube dalam menghitung jumlah penonton di setiap video. Sementara pendapat lain mengatakan adanya intervensi YouTube terhadap bot yang sengaja dibuat untuk meningkatkan jumlah penonton di setiap video.

Namun, pendapat yang paling menarik adalah adanya indikasi YouTube mengubah algoritma pencarian video serta promosinya yang membuat pengguna lebih jarang untuk menonton video dari kanal yang di-subscribe. Dengan demikian, jumlah subscriber di kanal YouTube hanya akan memberikan dampak yang tidak terlalu besar bagi YouTuber.
 
Perdebatan juga terjadi di antara YouTube dan badan statistik seperti SocialBlade. Melalui akun Twitter resminya, YouTube secara terang-terangan mengatakan bahwa data yang dirilis oleh SocialBlade tidak akurat.

Klaim YouTube tersebut kemudian dibalas oleh SocialBlade yang mengatakan mereka menggunakan API resmi YouTube untuk mendapatkan data tersebut, sehingga jika ada kesalahan maka YouTube yang seharusnya bertanggung jawab.

Bagaimana menurut Anda, apakah YouTube semakin sepi pengunjung akhir-akhir ini?


(MMI)

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih
Review Earphone

HP In-Ear Headset 150, Earphone Terjangkau Suara Jernih

3 days Ago

HP In-Ear Headset 150 menawarkan suara yang jernih dan desain yang nyaman dengan harga yang cuk…

BERITA LAINNYA
Video /