Trump Telepon Tim Cook Agar Apple Bangun Pabrik di AS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 24 Nov 2016 14:54 WIB
apple
Trump Telepon Tim Cook Agar Apple Bangun Pabrik di AS
Donald Trump di lobi New York Times. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com: Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump berkata bahwa dia telah menghubungi CEO Apple Tim Cook via telepon untuk membahas rencananya untuk membuat Apple membangun pabrik di AS.

"Saya bilang, 'Tim, satu hal yang akan menjadi pencapaian besar untuk saya adalah jika saya berhasil membuat Apple membuat pabrik besar di Amerika Serikat, atau banyak pabrik besar di Amerika Serikat. Daripada pergi ke Tiongkok, atau ke Vietnam atau ke tempat lain, kamu membuat produkmu di sini'," kata Trump, mengulangi ucapannya dalam wawancara dengan The New York Times.

Apple tidak memberikan komentar atau konfirmasi bahwa telepon ini memang benar terjadi, lapor The Verge.

Meyakinkan Apple untuk kembali membuat pabrik di AS bukanlah pekerjaan mudah. Selama sekitar 15 tahun, pekerjaan manufaktur memang sudah mulai menghilang dari AS. Hal ini berarti, kesempatan Apple mulai membuat pabrik di AS kembali kecil.

Pada tahun 2011, Steve Jobs berkata pada Presiden Obama bahwa pekerjaan manufaktur tidak akan kembali ke AS. Dan tampaknya hal ini berlaku hingga sekarang.

Gaji pekerja yang rendah di Tiongkok bukanlah satu-satunya alasan mengapa Apple membuat pabrik di sana. Faktor lain yang Apple perhitungkan adalah efisiensi jika semua pemasok komponen berada di negara yang sama. Mencoba untuk membuat pabrik di AS akan menjadi tugas yang tidak hanya sulit, tapi juga memakan biaya tinggi.

Selama ini, Trump kritis akan keputusan Apple untuk melakukan proses manufaktur di Tiongkok selama bertahun-tahun. Faktanya, hal ini merupakan salah satu hal yang cukup dia tonjolkan pada masa kampanye. 

Tentu saja, Trump tidak bisa memaksa Apple untuk membuat pabrik di AS, tidak peduli berapa banyak panggilan telepon yang dia lakukan dengan Cook. Salah satu hal yang dia bisa lakukan adalah mengubah peraturan di AS yang membuat proses manufaktur dalam negeri menjadi lebih menarik. 

Tampaknya, sekarang ini, Trump hanya menggunakan nama Cook untuk membuat seolah-olah ada kemajuan dalam rencananya. Dia juga membahas bahwa dia telah menelpon Bill Gates minggu ini. Trump sendiri belum resmi menjabat sebagai presiden. Karena itu, dia belum bisa merealisasikan agendanya.

Pada pertengahan bulan ini, Apple dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk membuat pabrik di AS.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /