Trump Telepon Tim Cook Agar Apple Bangun Pabrik di AS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 24 Nov 2016 14:54 WIB
apple
Trump Telepon Tim Cook Agar Apple Bangun Pabrik di AS
Donald Trump di lobi New York Times. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com: Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump berkata bahwa dia telah menghubungi CEO Apple Tim Cook via telepon untuk membahas rencananya untuk membuat Apple membangun pabrik di AS.

"Saya bilang, 'Tim, satu hal yang akan menjadi pencapaian besar untuk saya adalah jika saya berhasil membuat Apple membuat pabrik besar di Amerika Serikat, atau banyak pabrik besar di Amerika Serikat. Daripada pergi ke Tiongkok, atau ke Vietnam atau ke tempat lain, kamu membuat produkmu di sini'," kata Trump, mengulangi ucapannya dalam wawancara dengan The New York Times.

Apple tidak memberikan komentar atau konfirmasi bahwa telepon ini memang benar terjadi, lapor The Verge.

Meyakinkan Apple untuk kembali membuat pabrik di AS bukanlah pekerjaan mudah. Selama sekitar 15 tahun, pekerjaan manufaktur memang sudah mulai menghilang dari AS. Hal ini berarti, kesempatan Apple mulai membuat pabrik di AS kembali kecil.

Pada tahun 2011, Steve Jobs berkata pada Presiden Obama bahwa pekerjaan manufaktur tidak akan kembali ke AS. Dan tampaknya hal ini berlaku hingga sekarang.

Gaji pekerja yang rendah di Tiongkok bukanlah satu-satunya alasan mengapa Apple membuat pabrik di sana. Faktor lain yang Apple perhitungkan adalah efisiensi jika semua pemasok komponen berada di negara yang sama. Mencoba untuk membuat pabrik di AS akan menjadi tugas yang tidak hanya sulit, tapi juga memakan biaya tinggi.

Selama ini, Trump kritis akan keputusan Apple untuk melakukan proses manufaktur di Tiongkok selama bertahun-tahun. Faktanya, hal ini merupakan salah satu hal yang cukup dia tonjolkan pada masa kampanye. 

Tentu saja, Trump tidak bisa memaksa Apple untuk membuat pabrik di AS, tidak peduli berapa banyak panggilan telepon yang dia lakukan dengan Cook. Salah satu hal yang dia bisa lakukan adalah mengubah peraturan di AS yang membuat proses manufaktur dalam negeri menjadi lebih menarik. 

Tampaknya, sekarang ini, Trump hanya menggunakan nama Cook untuk membuat seolah-olah ada kemajuan dalam rencananya. Dia juga membahas bahwa dia telah menelpon Bill Gates minggu ini. Trump sendiri belum resmi menjabat sebagai presiden. Karena itu, dia belum bisa merealisasikan agendanya.

Pada pertengahan bulan ini, Apple dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk membuat pabrik di AS.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.