Perempuan 81 Tahun Mahir Buat Aplikasi iPhone

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 01 Mar 2017 20:17 WIB
appleiphoneaplikasi
Perempuan 81 Tahun Mahir Buat Aplikasi iPhone
Masako Wakamiya. (Mashable)

Metrotvnews.com: Masako Wakamiya, perempuan asal Jepang berusia 81 tahun, berhasil menciptakan aplikasi untuk ponsel karya Apple, bernama Hinadan. Aplikasi yang diciptakan Wakamiya ini terkait dengan salah satu kebudayaan Jepang bernama Hinamatsuri.

Pada Hinamatsuri atau juga disebut sebagai Hari Anak Perempuan ini, masayarakat Jepang memajang serangkaian boneka khusus. Aplikasi yang diciptakan oleh Wakamiya ini berfungsi untuk menunjukan tempat yang tepat untuk masing-masing boneka tersebut.

Pada aplikasi berformat game ini mengajak pemain untuk menempatkan 12 boneka di posisi yang tepat di empat tingkat. Setelah berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan, pengguna akan disambut oleh pesan pop up yang berisi ucapan selamat dari sang pencipta aplikasi.

Menurut Mashable, Wakamiya yang merupakan mantan pegawai di bidang perbankan dan baru mempelajari cara menggunakan komputer pada usianya ke 60 tahun ini mengaku mempelajari bahasa pemprograman Apple Swift, via Skype dan Facebook Messenger dari seorang anak muda yang tinggal di Sendai, wilayah sebelah utara Tokyo. 

Wakamiya juga menyebut aplikasi ini diciptakannya karena sebagian besar aplikasi yang tersedia saat ini lebih menyasar kepada segmentasi konsumen muda, dan sedikitnya aplikasi yang dapat dinikmati oleh pengguna smartphone senior.

Melalui aplikasi ini, Wakamiya ingin mendorong pengguna senior untuk lebih aktif dalam menggunakan komputer.

Selain menciptakan aplikasi, Wakamiya juga membuat situs blog berisi tutorial untuk menciptakan karya seni dengan memanfaatkan software Excel karya Microsoft. Tidak melulu tutorial serta konten bersifat serius, blog ini juga menjadi medium Wakamiya untuk berbagi pengalaman selama perjalanannya ke Mediterania dan New Zealand.

Di usia senjanya tersebut, Wakamiya masih aktif di berbagai kegiatan, termasuk mengelola klub untuk masyarakat senior yang juga telah pensiun dari pekerjaannya masing-masing, bernama Mellow Club.


(MMI)

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif
Review Mouse

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif

2 days Ago

Walaupun tidak mirip Level 10M Advanced, Tt eSPORTS Ventus Z adalah mouse¬†juga mengusung …

BERITA LAINNYA
Video /