Penjualan Turun, Samsung Masih Dominasi Pasar Ponsel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 19 Nov 2016 09:20 WIB
samsungsmartphone
Penjualan Turun, Samsung Masih Dominasi Pasar Ponsel
Samsung masih mendominasi pasar smartphone. (AP Photo / Lee Jin-man. File)

Metrotvnews.com: Samsung masih menjadi vendor smartphone nomor satu di dunia meski vendor asal Tiongkok mulai dapat menyusul.

Menurut data dari Gartner yang dipublikasikan pada hari Kamis, penjualan ponsel Samsung pada kuartal menurun 14 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal ini menjadikan performa Samsung pada Q3 sebagai performa terburuk Samsung selama ini.

CNET menyebutkan, salah satu alasan penurunan penjualan ini adalah karena masalah baterai yang menyebabkan sebagian ponsel Galaxy Note 7 meledak. Sebelum ini, Samsung terpaksa menarik Galaxy Note 7 dua kali sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti memproduksi dan menjual perangkat tersebut.

"Keputusan untuk menarik kembali Galaxy Note 7 sudah tepat, tapi rusaknya citra merek Samsung akan membuat mereka kesulitan untuk meningkatkan penjualan ponselnya dalam waktu dekat," kata analis Gartner, Anshul Gupta dalam sebuah pernyataan resmi.

Meskipun begitu, Samsung tetap mempertahankan tahtanya sebagai penguasa pasar smartphone. Pada Q3 2016, perusahaan asal Korea Selatan itu telah menjual sebanyak 71,7 juta unit smartphone. 

Duduk di posisi 2, Apple menjual 43 juta smartphone pada Q3. Apple meluncurkan iPhone 7 tahun ini, meskipun begitu, mereka masih mengalami penurunan penjualan sebesar 6,6 persen. Menurut Gartner, jumlah penurunan penjualan terbesar untuk Apple terjadi di Tiongkok.

Secara keseluruhan, pengiriman smartphone naik 5,4 persen menjadi 373 unit pada akhir Q3 2016, sementara total penjualan Q3 tahun lalu hanya mencapai 354 juta unit. Pada kuartal ini, hanya vendor smartphone asal Tiongkok, seperti Huawei, OPPO dan BBK Comunication Equipment yang penjualannya bertumbuh.

Huawei kini menjadi vendor smartphone nomor 3 di dunia, dan 80 persen penjualannya masih berasal dari Tiongkok. Gartner juga menyebutkan, Android adalah OS mobile yang paling banyak digunakan smartphone.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /