Penjualan Turun, Samsung Masih Dominasi Pasar Ponsel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 19 Nov 2016 09:20 WIB
samsungsmartphone
Penjualan Turun, Samsung Masih Dominasi Pasar Ponsel
Samsung masih mendominasi pasar smartphone. (AP Photo / Lee Jin-man. File)

Metrotvnews.com: Samsung masih menjadi vendor smartphone nomor satu di dunia meski vendor asal Tiongkok mulai dapat menyusul.

Menurut data dari Gartner yang dipublikasikan pada hari Kamis, penjualan ponsel Samsung pada kuartal menurun 14 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal ini menjadikan performa Samsung pada Q3 sebagai performa terburuk Samsung selama ini.

CNET menyebutkan, salah satu alasan penurunan penjualan ini adalah karena masalah baterai yang menyebabkan sebagian ponsel Galaxy Note 7 meledak. Sebelum ini, Samsung terpaksa menarik Galaxy Note 7 dua kali sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti memproduksi dan menjual perangkat tersebut.

"Keputusan untuk menarik kembali Galaxy Note 7 sudah tepat, tapi rusaknya citra merek Samsung akan membuat mereka kesulitan untuk meningkatkan penjualan ponselnya dalam waktu dekat," kata analis Gartner, Anshul Gupta dalam sebuah pernyataan resmi.

Meskipun begitu, Samsung tetap mempertahankan tahtanya sebagai penguasa pasar smartphone. Pada Q3 2016, perusahaan asal Korea Selatan itu telah menjual sebanyak 71,7 juta unit smartphone. 

Duduk di posisi 2, Apple menjual 43 juta smartphone pada Q3. Apple meluncurkan iPhone 7 tahun ini, meskipun begitu, mereka masih mengalami penurunan penjualan sebesar 6,6 persen. Menurut Gartner, jumlah penurunan penjualan terbesar untuk Apple terjadi di Tiongkok.

Secara keseluruhan, pengiriman smartphone naik 5,4 persen menjadi 373 unit pada akhir Q3 2016, sementara total penjualan Q3 tahun lalu hanya mencapai 354 juta unit. Pada kuartal ini, hanya vendor smartphone asal Tiongkok, seperti Huawei, OPPO dan BBK Comunication Equipment yang penjualannya bertumbuh.

Huawei kini menjadi vendor smartphone nomor 3 di dunia, dan 80 persen penjualannya masih berasal dari Tiongkok. Gartner juga menyebutkan, Android adalah OS mobile yang paling banyak digunakan smartphone.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.