Go-Jek Sambut Baik Peta Jalan E-Commerce

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 18 Nov 2016 10:12 WIB
gojek
Go-Jek Sambut Baik Peta Jalan E-Commerce
ANTARA FOTO/Hari.

Metrotvnews.com: CEO PT Go-Jek Indonesia, Nadiem Makarim, menyambut baik peta jalan e-commerce yang telah disahkan oleh pemerintah Indonesia pada beberapa waktu lalu. Hal ini diutarakan Nadiem meski perusahaan yang dikelolanya tidak bergerak di bidang perdagangan elektronik.

"Kami (Go-Jek) menyambut positif roadmap yang dicanangkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Roadmap e-commerce ini inovasi di bidang regulasi, karena juga melibatkan pengaturan soal pajak," ujar Nadiem.

Seperti dikutip Antara, Nadiem juga berharap peta jalan ini dapat memberikan kesempatan kepada startup untuk dapat tumbuh, tanpa harus terhambat oleh kerumitan birokrasi. Selain itu, dia juga berharap, peta jalan ini akan membuka kesempatan bagi startup untuk mendapatkan pendanaan dari luar negeri.

Nadiem juga menyoroti pertukaran tenaga kerja dari luar negeri, yang dinilainya harus menantang insinyur lokal untuk dapat mengembangkan diri sehingga lebih maju. Dengan kemajuan tenaga dalam negeri, Nadiem berharap Indonesia akan menjadi ekosistem ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Peta jalan e-commerce ditetapkan pemerintah pada Januari lalu, dan diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung, pada kamis pekan lalu.

Peta jalan ini menjadi salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong transaksi melalui ranah digital senilai USD130 miliar pada tahun 2020. Terdapat tujuh poin yang menjadi fokus pada peta jalan tersebut, yaitu logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan sumber daya manusia, serta keamanan siber.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.