Elon Musk Kirim Bantuan Teknologi untuk Korban Badai Irma

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 01 Oct 2017 14:36 WIB
tesla
Elon Musk Kirim Bantuan Teknologi untuk Korban Badai Irma
Elon Musk saat memperkenalkan teknologi dari Tesla Powerwall

Metrotvnews.com: Bos perusahaan Tesla, Elon Musk, menanggapi serius tanda permintaan tolong yang dibuat oleh korban badai Irma di Puerto Rico. Tidak butuh waktu lama, Elon segera mengirimkan bantuan dalam bentuk perangkat teknologi.

Dikutip dari Business Insider, pada salah satu lokasi rumah yang hancur diterjang badai Irma pada 16 September, terpantau dari udara terdapat tanda minta pertolongan dalam bentuk barang-barang yang disusun menjadi tulisan 'send Tesla'. Puerto Rico porak poranda akibat badai tersebut, dan membuat tenaga pembangkit listrik lumpuh.



Dengan keahlian perusahaan Tesla yang dikenal sebagai perusahaan teknologi dan penggagas mobil listrik, maka perusahaan tersebut atas perintah Elon telah diterjunkan ke Puerto Rico untuk membantu memasang teknologi mereka yang bernama Tesla Powerwalls yang dikabarkan jumlah telah mencapai ratusan unit siap pasang.

Tesla Powerwall adalah seubah kotak dengan baterai lithium ion yang terpasang pada dinding atau lantai rumah yang akan menyimpan tenaga solar dari panel solar yang juga diproduksi oleh Tesla. Panasonic menjadi mitra untuk pembuatan baterainya sedangkan Tesla menyiapkan modul dan kerangka perangkat ini. Teknologi ini tidak hanya memanfaatkan tenaga solar saja, tapi ketika sumber listrik diterima, maka dia akan mengisi kembali dayanya.

Perangkat ini memiliki berat sekitar 118 kilogram dengan ketebalan 6 inci. Perangkat ini bisa menyimpan tenaga listrik sebesar 14 kilowatt per jam dan dilengkapi dengan aplikasi smartphone sehingga penggunaannya bisa dikontrol dari jarak jauh.

Di pasar, sendiri perangkat Tesla Powerwall 2 dijual dengan harga USD6.200 atau setara Rp83 juta. Memang sangat mahal, tetapi Tesla sudah menguji teknologi ini akan sangat membantu menciptakan energi ramah lingkungan yang lebih efisien.

Bagi Puerto Rico tentu saja ini akan sangat membantu meringankan dampak bencana badai Irma, sebab diprediksi negara tersebut membutuhkan waktu selama 6 bulan untuk mengembalikan tenaga pembangkit listrik di seluruh pelosok negara tersebut.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.