Galaxy Note 8

Galaxy Note 8 Akhirnya Muncul, Apa Keunggulannya?

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 24 Aug 2017 00:32 WIB
gadgetsamsunggalaxy note 8
Galaxy Note 8 Akhirnya Muncul, Apa Keunggulannya?
President Of Mobile Communication, Samsung, DJ Koh saat acara peluncuran Galaxy Note 8 di New York (YouTube/Samsung)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setahun berlalu setelah Samsung merilis Galaxy Note 7, hari ini produsen ponsel asal Korea Selatan tersebut akhirnya merilis Galaxy Note 8. Ponsel generasi baru ini tampil dengan infinity display seperti Galaxy S8 yang telah dirilis beberapa bulan yang lalu. Menggunakan teknologi tersebut, Galaxy Note 8 kini diklaim sebagai ponsel Galaxy Note dengan layar terbesar yang pernah ada.

"Kami semua hadir di sini untuk merayakan kedatangan Note baru bersama para pengguna setianya," ujar President Of Mobile Communication, Samsung, DJ Koh saat acara peluncuran Galaxy Note 8 di New York. "Inilah Galaxy Note 8, ponsel untuk masa depan."

Ada beberapa hal yang diunggulkan oleh Samsung pada Galaxy Note 8 kali ini. Pertama adalah layarnya. Selain menggunakan teknologi Infinity Display yang memungkinkan ponsel ini tampil hampir tanpa bezel, layar pada Galaxy Note 8 juga memiliki resolusi yang sangat tinggi yaitu QHD atau 2K.



Ukuran layarnya sendiri 6,3 inci, namun diklaim masih bisa digenggam oleh tangan. Layar yang juga menggunakan panel Super AMOLED tersebut dikatakan dirancang khusus agar optimal saat digunakan bersama S-Pen, pena digital yang selalu menyertai ponsel Galaxy Note.

Keunggulan kedua dari Galaxy Note 8 adalah pada kameranya. Meski samsung tidak menyebutkan sensor dan resolusi kameranya, namun Galaxy Note 8 sangat jelas diperlihatkan memiliki dua kamera. Satu kamera pada ponsel ini menggunakan lensa wide angle, sedangkan satu lagi menggunakan lensa telephoto dengan kemampuan optical zoom hingga 2x.

Ada beberapa hal menarik yang menyertai kamera di Galaxy Note 8. Ponsel ini bisa mengambil gambar dari dua kamera sekaligus, sehingga Anda bisa mendapatkan satu foto wide angle dan satu foto zoom. Samsung juga menghadirkan fitur bernama Live Focus yang memungkinkan Anda untuk mengatur fokus gambar secara langsung. Sebagai catatan tambahan, dua kamera di Galaxy Note 8 sudah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilizer) untuk mengambil gambar yang lebih stabil.



Samsung Galaxy Note 8 juga sudah mendukung Bixby dan Samsung Dex, sama seperti saudaranya yaitu Galaxy S8. Sementara untuk spesifikasinya, Samsung masih belum mau berbicara banyak. Yang jelas Galaxy Note 8 akan tampil dengan RAM 6GB, fitur ketahanan IP60, dan bakal hadir dengan sistim operasi Android Oreo. Ponsel ini juga masih memiliki jack audio 3.5mm.

Samsung Galaxy Note 8 mulai dipasarkan pada 15 September mendatang. Sayangnya, pihak Samsung Electronics Indonesia masih belum mau memberitahu kapan ponsel ini akan mulai diedarkan di Indonesia.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.