Bose Dituduh Kumpulkan Data Pelanggan Tanpa Izin

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 21 Apr 2017 15:20 WIB
bose
Bose Dituduh Kumpulkan Data Pelanggan Tanpa Izin
Bose dituduh mengumpulkan data pelanggan tanpa izin. (REUTERS/Mike Blake)

Metrotvnews.com: Perusahaan audio, Bose menggunakan sebuah aplikasi untuk mengumpulkan kebiasaan pelanggannya dan memberikan informasi tersebut pada pihak ketiga tanpa sepengetahuan atau izin dari penggunanya, menurut dokumen tuntutan yang dimasukkan ke pengadilan Chicago pada hari Selasa. 

Dalam tuntutan tersebut, Bose dituduh telah melanggar Hukum Penyadapan dan berbagai hukum privasi lainnya. DItambahkan, konten audio yang seseorang dengarkan bisa menjadi jendela dari kehidupan dan pandangan seseorang, lapor Fortune

"Pilihan audio seseorang -- termasuk musik, siaran radio, Podcast dan pilihan ceramah -- dapat memberikan informasi pada sifat, kebiasaan, pandangan politik dan identitas seseorang," tulis tuntutan tersebut. Juga tertulis bahwa rekaman audio seseorang mungkin mengandung konten terkait orientasi seksual atau agamanya. 

Pemimpin tuntutan ini adalah seorang pria bernama Kyle Zak, yang mengklaim bahwa dia mengikuti saran Bose untuk memaksimalkan fungsi headphone miliknya dengan mengunduh aplikasi Bose Connect dan memberikan informasi seperti nama, nomor ponsel dan alamat emailnya.

Zak berusaha untuk merepresentasikan para pemilik headphone lain terkait pengumpulan informasi pribadi oleh Bose. Menurut tuntutan ini, Bose membuat kumpulan informasi berupa kebiasaan dan konten audio yang pelanggannya dengarkan dan memberikan informasi tesrebut pada perusahaan marketing.

Salah satunya adalah perusahaan asal San Francisco bernama Segment yang dalam situsnya menawarkan untuk "mengumpulkan semua data pelanggan Anda dan mengirimkannya ke siapapun." Dalam tuntuntan tersebut, tertulis bahwa kasus ini bernilai lebih dari USD5 juta (Rp66,6 miliar).

Bose membantah tuduhan ini.

"Kami akan memerangi pencemaran nama baik dan tuduhan salah yang dibuat terhadap kami melalui hukum," ujar juru bicara Bose. Dia menambahkan, Bose telah menghubungi konsumen mereka untuk menenangkan mereka. Pengguna Bose memang bisa menggunakan  headphone tanpa aplikasi smartphone yang ditawarkan. Namun, aplikasi tersebut menawarkan opsi yang lebih banyak tentang penggunaan headphone


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /