Bug Android Oreo Bikin Masalah di Google Pixel

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 12 Sep 2017 16:21 WIB
google
Bug Android Oreo Bikin Masalah di Google Pixel
Sejumlah pengguna Pixel mengeluhkan permasalahan setelah mengupdate ke Android Oreo, menyebabkan data mobile nonaktif.

Metrotvnews.com: Google Android 8.0 Oreo dilaporkan tidak disambut dengan cukup baik oleh pengguna ponsel cerdas karyanya, yaitu Pixel. Alasannya, karena update tersebut menyebabkan jaringan internet via data mobile pada sejumlah perangkat Pixel nonaktif tanpa campur tangan pemilik perangkat.

Phone Arena melaporkan, permasalahan tersebut diungkapkan oleh pengguna Pixel pada sejumlah forum produk Google, termasuk pada forum komunitas pengguna Pixel. Salah satu pegawai Google menyebut, saat ini raksasa teknologi tersebut tengah mengembangkan solusi untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Perangkat dengan permasalahan itu dilaporkan mengirimkan notifikasi kepada pengguna, memberitahukan bahwa kapasitas dan masa berlaku paket data mereka telah berakhir meski kenyataannya tidak demikian. Hal ini diakibatkan oleh kesalahan perangkat dalam membaca nilai data menjadi nol.

Bug yang ditemukan pada update sistem operasi terbaru Google tersebut menyebabkan perangkat Pixel menonaktifkan data mobile secara keseluruhan, meski operator seluler memungkinkan aplikasi tertentu seperti WhatsApp untuk menggunakan data tanpa batas.

Saat ini, informasi yang beredar menyebut permasalahan tersebut terkait dengan operator seluler di pasar seperti Honduras, Indonesia, dan Romania. Sementara itu, meski Google menyebut mencari solusi untuk permasalahan ini menjadi prioritas utama, saat ini solusi pertama yang dapat pengguna manfaatkan adalah kembali ke sistim operasi Android Nougat.

Google juga baru saja resmi mengumumkan kehadiran dukungan masukan suara dalam dua bahasa daerah di Indonesia, yaitu bahasa Jawa dan Sunda, pada tiga aplikasi dan layanan yang disuguhkannya, yaitu Google Translate, Google Search dan aplikasi keyboard Gboard.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.