Mata-Matai Rival, Uber Kini Diselidiki

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Sep 2017 10:41 WIB
uber
Mata-Matai Rival, Uber Kini Diselidiki
Uber kini tengah diselidiki. (NurPhoto via Getty Images)

Metrotvnews.com: Uber kena masalah karena membuat program rahasia yang disebut Hell. FBI dan kantor pengacara di New york dikabarkan tengah melakukan investigasi untuk mencari tahu apakah Uber memang menggunakan software yang disebut Hell secara ilegal untuk mengalahkan pesaingnya, Lyft, lapor The Wall Street Journal

Juru bicara Uber mengonfirmasi bahwa perusahaan akan kooperatif dalam penyelidikan ini, menurut laporan CNET.

Program Uber yang disebut Hell diungkap oleh The Information dalam sebuah artikel pada bulan April lalu. Program tersebut berfungsi untuk melacak pengendara Lyft menggunakan akun penumpang palsu. Dengan begitu, Uber bisa mengetahui kapan dan dimana pengendara Lyft beroperasi. 

Uber diduga menggunakan program tersebut untuk mengetahui pengendaranya yang juga bekerja untuk Lyft. Uber kemudian akan dapat membuat penumpang mencari pengendara Uber dengan tujuan untuk mengalahkan pesaingnya. Uber diduga telah berhenti menggunakan software tersebut pada 2016. 

Uber, yang menjadi populer karena bisa mempertemukan penumpang dan pengendara melalui aplikasi, memang dikenal sering melakukan tindakan yang hampir melanggar hukum. Ini bukan pertama kalinya Uber menemui masalah.

Sebelum ini, Uber juga harus berurusan dengan pengadilan terkait penggunaan software Greyball yang memungkinkan mereka untuk menyembunyikan diri dari regulator di kawasan yang melarang Uber beroperasi. Tidak hanya itu, Uber juga maju ke pengadilan melawan Waymo di bawah Alphabet terkait teknologi mobil otonom. 

Terkait penggunaan Hell, seorang mantan pengendara Lyft menuntut Uber atas tuduhan menggunakan software itu. Namun, hakim federal telah membantah tuntutan itu minggu lalu. 

Kini, Uber tengah mengalami perombakan. Beberapa bulan belakangan, jalan Uber penuh dengan halangan. Salah satu pendiri Uber yang kemudian sempat menjadi CEO, Travis Kalanick mengundurkan diri. CEO baru Uber, Dara Khosrowshahi baru saja menjabat selama seminggu. 


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

1 day Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.