Android O Meluncur Minggu Depan?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 04 Aug 2017 13:19 WIB
google
Android O Meluncur Minggu Depan?
Google Android O dilaporkan akan meluncur setidaknya pada minggu depan.

Metrotvnews.com: Google resmi merilis versi keempat Developer Preview Android O pada 24 Juli lalu. Versi ini diperkirakan akan menjadi Developer Preview versi terakhir sebelum resmi diluncurkan, setidaknya pada minggu depan, jika Google tidak menemukan bug besar.

GSM Arena melaporkan, Google Pixel dan Pixel XL menjadi perangkat pertama yang akan menerima update sistem operasi terbaru Google tersebut. Google Android O dilaporkan akan berbekal sejumlah fitur termasuk Project Trebble dan Autofill, serta menghilangkan emoji Blob.

Sementara itu hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait nama makanan manis yang akan menjadi nama resmi Android O. Sejumlah pihak memprediksi raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut akan mengusung nama Oatmeal Cookie.

Namun, Google masih berpeluang untuk mengundur waktu peluncuran sistem operasi Android 0 ini. Pada tahun lalu, Google Android 7.0 Nougat mulai bergulir kepada perangkat di lini Nexus pada 22 Agustus 2016.

Tidak hanya terfokus pada pengembangan dan pendistribusian produknya, Google juga dilaporkan menunjukan ketertarikannya pada aplikasi jejaring sosial yang tengah populer, yaitu Snapchat. Setelah menolak tawaran akuisisi dari Facebook senilai USD3 miliar (Rp40 triliun) pada 2013 lalu, Snap juga dilaporkan menolak pinangan dari Google senilai USD30 miliar (Rp400 triliun).

Google juga dilaporkan berencana untuk meluncurkan pemblokir iklan atau ad-blocker yang terintegrasi dalam peramban Chrome tahun depan. Pemblokir iklan ini telah mulai dapat digunakan dalam Chrome Canary untuk Android. Canary merupakan versi percobaan dari Chrome yang belum stabil. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.