Imagine Cup 2017

X.GLU, Pemenang Imagine Cup 2017 yang Siap Bantu Penderita Diabetes Dunia

Mohammad Mamduh    •    Sabtu, 29 Jul 2017 09:42 WIB
microsoftimagine cup
X.GLU, Pemenang Imagine Cup 2017 yang Siap Bantu Penderita Diabetes Dunia
Tim X.GLU dari Republik Ceko keluar sebagai juara pertama Imagine Cup 2017 World Finals

Metrotvnews.com, Seattle: Kompetisi developer mahasiswa akbar tahunan Microsoft Imagine Cup 2017 akhirnya selesai digelar.

Tim X.GLU asal Republik Ceko berhasil keluar sebagai pemenang utama, setelah mengalahkan tiga tim lainnya melalui karya mereka yang bakal memberikan kontribusi besar untuk dunia kesehatan. 

Dengan demikian, X.GLU berhak membawa pulang hadiah utama senilai USD100 ribu (sekitar 1,3 miliar), akses layanan Microsoft Azure sebesar USD125 ribu (sekitar 1,6 miliar), dan perjalanan gratis untuk mengikuti ajang Microsoft Build tahun depan. Belum selesai, mereka juga bakal mendapatkan bimbingan khusus dari CEO Microsoft Satya Nadella. 

Tim developer asal Republik Ceko ini menciptakan hardware dan software, yang bertujuan membantu penderita diabetes di seluruh dunia. Ada lebih dari 451 juta penderita diabetes di seluruh dunia, dan banyak dari mereka yang masih anak-anak.

"Saya melihat penderita diabetes yang terus bertambah setiap tahun, dan selama 20 tahun, tidak ada inovasi yang signifikan untuk menyembuhkannya," kata Marek Novak, anggota X.GLU yang bertugas merancang hardware. 

Perangkat buatan X.GLU mampu mengukur kadar glukosa dalam darah, dengan ukurannya yang lebih mungil dan lebih bersahabat untuk anak. Bisa terhubung dengan smartphone via NFC dan Bluetooth, pengukur kadar gula ini akan memberikan data penderita secara aktual ke penyimpanan cloud, yang nantinya akan membantu dokter memantau pasien mereka lebih akurat. 

Oculogx dari Amerika Serikat berhasil menjadi juara dua, dengan aplikasi yang mampu mengoptimalkan penempatan barang di gudang melalui cloud, disusul dengan Nash dari Argentina dan NeuroGate dari Kanada sebagai juara ketiga dan keempat. Nash menawarkan aplikasi penyelamatan darurat bencana yang menggunakan drone dan Azure, sementara NeuroGate menawarkan analisis kesehatan dengan Kinect.  

Indonesia sendiri mengirimkan wakilnya, CIMOL dari Institut Teknologi Bandung. Karya mereka HOAX Analyzer memang tidak berhasil memenangkan kompetisi ini, tetapi jika terus dikembangkan, bukan tidak mungkin platform ini menjadi referensi pelacak kebenaran informasi yang akurat di masa depan.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /