Kartu Grafis Baru Colorful Adopsi Sistem Pendingin Hibrida

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 30 Jul 2017 12:53 WIB
hardware
Kartu Grafis Baru Colorful Adopsi Sistem Pendingin Hibrida
Colorful iGame GTX1080Ti KUDAN (foto: istimewa)

Metrotvnews.com: Produsen kartu grafis Colorful Technology Company Limited, baru saja mengumumkan kartu grafis barunya yaitu iGame GTX1080Ti KUDAN.

Kartu grafis tersebut ditujukan untuk para enthusiast yang menginginkan kinerja lebih tinggi. Salah satu keunggulan kartu grafis ini adalah penggunaan sistem pendingin hibrida yaitu air cooling dan water cooling. 

iGame GTX1080Ti KUDAN memiliki fitur tiga teknologi unik yang diklaim menjadikannya sebagai kartu grafis COLORFUL paling unik, yaitu one-key overclocking, iGame Pure Power, dan teknologi Silver Plating. Semuanya juga dikatakan sebagai fitur eksklusif yang hanya dimiliki oleh Colorful.



Secara spesifikasi, kartu grafis yang menggunakan GPU NVIDIA GP102 ini memiliki 3584 CUDA core yang berjalan dengan base clock 1657MHz dan mampu mencapai frekuensi Turbo hingga 1784MHz. Selain itu, kartu grafis ini juga dilengkapi dengan memori GDDR5X dengan bandwidth 11Gbps dan diklaim mampu menghadirkan performa yang tinggi.



iGame GTX1080Ti KUDAN menggunakan sistem pendingin Waterspout Cooler II yang tampil dengan layar LCD iGame-Status Monitor. Layar tersebut dikatakan mampu menghadirkan informasi seperti frekuensi, suhu, kecepatan kipas, dan penggunaan memori secara real-time. Anda bahkan bisa mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan.

Pihak Colorful memang belum memberitahu harganya, namun yang jelas iGame GTX1080Ti KUDAN hanya diproduksi dalam jumlah yang cukup terbatas.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.