Google Home dan Home Mini Meluncur di Tiga Negara

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 21 Jun 2018 13:52 WIB
google
Google Home dan Home Mini Meluncur di Tiga Negara
Google resmi merilis dan memasarkan Google Home dan Home Mini di Spanyol, Austria, dan Irlandia.

Jakarta: Dua speaker cerdas Google Home dan Home Mini kini tersedia dan telah dapat diperoleh konsumen di Irlandia, Spanyol dan Austria. Google Home mulai dipasarkan di ketiga negara tersebut dengan harga mulai dari EUR149 atau USD172,54 (Rp2,4 juta).

Sementara itu, konsumen di ketiga negara tersebut dapat membeli Google Home Mini dengan harga mulai EUR59 (Rp830.985). Kedua perangkat ini dapat diperoleh konsumen melalui toko online Google di masing-masing negara tersebut.

Sebelumnya, rumor terkait ketersediaan speaker cerdas Google Home di Spanyol telah beredar selama beberapa waktu lalu. Namun ketersediaan speaker cerdas ini di Austria dan Irlandia dinilai sebagai kejutan bagi sejumlah pihak.

Google Home dan Home Mini merupakan dua dari jajaran speaker cerdas terbaik yang tersedia di pasar saat ini. Meskipun demikian, pasar speaker cerdas masih didominasi oleh Amazon melalui speaker Echo yang didukung oleh asisten virtualnya, Alexa.

Google Home dinilai mencuri perhatian konsumen berkat penawaran harga yang relatif terjangkau untuk speaker cerdas dengan dukungan asisten digital. Sebelumnya, Google resmi merilis aplikasi Podcast mandiri karyanya di Play Store.

Namun aplikasi Google Podcast tersebut dilaporkan belum didukung oleh fitur selengkap aplikasi pesaingnya. Selain itu, Google belum mengungkap rencananya untuk menghadirkan aplikasi ini pada perangka bersistem operasi iOS.

Sementara itu, teknologi AI (kecerdasan buatan) Google dilaporkan kembali membuat kontroversi dalam pengembangannya. Teknologi ini disebut mampu memprediksikan usia seseorang dan waktu ajal menjemput orang tersebut, dengan tingkat akurasi sebesar 95 persen. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.