Spotify Versi Gratis Punya Fitur Baru, Apa Saja?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 25 Apr 2018 09:13 WIB
spotify
Spotify Versi Gratis Punya Fitur Baru, Apa Saja?
Ilustrasi.

Jakarta: Chief R&D Officer Spotify Gustav Söderström mengumumkan versi baru dari aplikasi gratis Spotify dalam acara yang diadakan di Gramercy Theater, New York. 

Setelah berinvetasi di machine learning atau pembelajaran mesin, versi gratis dari Spotify kini akan memberikan rekomendasi pada penggunanya secara langsung.

Sebelum ini, pengguna gratis tidak bisa memilih langsung lagu yang ingin mereka putar, lapor TechCrunch

Dalam versi baru, para pengguna bisa mendengarkan lagu apapun yang mereka inginkan, sesering mungkin, selama lagu tersebut muncul di salah satu playlist personal yang dibuat oleh Spotify, seperti Daily Mix, Discover Weekly, Release Radar dan Today's Top Hits. Secara total, Spotify menyajikan sekitar 750 lagu dengan durasi lebih dari 40 jam. 

Spotify juga akan membuat rekomendasi berdasarkan playlist yang dibuat oleh pengguna, lagu-lagu yang ada dalam daftar tersebut sampai nama dari playlist itu sendiri. Spotify menyebut ini sebagai "assisted playlisting". Itu artinya, setiap Anda mencari sebuah lagu untuk ditambahkan ke sebuah playlist, Spotify akan memberikan rekomendasi lagu serupa. 

Selain itu, Spotify juga telah mengembangkan mode penggunaan data rendah yang disebut Data Saver yang akan menghemat konsumsi data hingga 75 persen.

Sebelum ini, pengguna gratis tidak bisa mendengarkan lagu offline. Jika mereka ingin menghemat data, mereka harus terus terhubung dengan WiFi.

Dengan mode penghematan data, yang akan menyimpan cache musik sehingga ia bisa diputar via 3G, pengguna bisa mendengarkan musik lebih lama. Dengan menggunakan 3G, Spotify juga mengoptimalkan proses streaming itu sendiri dan juga aplikasi sehingga dapat menghemat data dan tenaga ponsel pengguna. 

Namun, pengguna gratis masih harus mendengarkan iklan. Ini merupakan salah satu strategi Spotify untuk membiaya versi gratis dan mendorong pengguna menjadi pengguna premium.


(MMI)

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?
Review Smartphone

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?

2 days Ago

Seperti apakah Xiaomi Mi A2 Lite? Apakah ponsel ini bisa memikat hati? Berikut ulasan Medc…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.