Computex 2018

Masuki Bisnis Kartu RAM, Gigabyte Ciptakan AORUS RGB Memory

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 08 Jun 2018 12:17 WIB
hardwaregigabyteComputex 2018
Masuki Bisnis Kartu RAM, Gigabyte Ciptakan AORUS RGB Memory
AORUS RGB Memory DDR4-3200MHz 16GB.

Taipei: Dalam Computex 2018 Gigabyte mengumumkan sejumlah produk barunya. Selain itu, mereka juga memperkenalkan satu produk baru, yaitu AORUS RGB Memory, membuat mereka masuk ke pasar komponen kartu memori atau RAM.

Gigabyte memperkenalkan AORUS RGB Memory DDR4-3200MHz 16GB yang terdiri dari dua keping kartu memori berkapasitas 8GB. Dari desainnya, terlihat Gigabyte tahu betul desain produk yang digemari oleh konsumen. Mereka menggunakan lempeng metal sebagai cover AORUS RGB Memory dengan aksen garis.

Fitur RGB bisa ditemukan pada LED yang ada di bagian atas dari kartu memori ini. Dari demonstrasi yang ditampilkan, cahaya LED RGB yang dipancarkan cukup terang dan tidak terlihat murahan. Berdasarkan informasi resmi dari Gigabyte, kartu memori ini menggunakan flash memory die dari Samsung B.



AORUS RGB Memory DDR4-3200MHz 16GB juga mendukung sistem dual-channel memory. Menariknya, dalam paket penjualan AORUS RGB Memory yang dibanderol USD229 atau Rp3,1 juta konsumen akan mendapatkan empat keping kartu memori sekaligus.

Empat keping memori tersebut terdiri dari dua AORUS RGB Memory DDR4-3200MHz 16GB dan dua keping memori yang hanya berfungsi sebagai pelengkap dengan fitur LED RGB. Pihak Gigabyte menuturkan bahwa dua keping dummy tersebut memiliki desain dan material yang sama tapi dibuat sebagai aksesori.



Alasannya, karena produk ini juga ditujukan untuk konsumen yang suka melihat slot DIMM atau RAM mereka terisi penuh seakan-akan mereka memiliki RAM kapasitas 64GB serta tampilan LED RGB yang ramai.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.