Apple Dapatkan Paten Kedua Desain Ponsel Lipat

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 18 Oct 2018 13:30 WIB
apple
Apple Dapatkan Paten Kedua Desain Ponsel Lipat
Paten desain smartphone lipat kedua dari Apple. (9to5 Mac)

Jakarta: Setelah tahun lalu, Apple mengantongi hak paten atas desain smartphone lipat yang sudah diajukan sejak tahun 2016. Sekarang Apple mendapatkan hak paten yang sama atas desain berbeda, dikutip dari Patently Apple.

Kali ini Apple mendapatkan hak paten atas empat desain smartphone lipat. Pada desain pertama yang disebut FIG.10 ditampilkan smartphone tersebut akan dilengkapi sebuah engsel di bagian tengah yang berada di belakang panel layar.

Kemudian di desain FIG 11, bagaimana smartphone tersebut terlipat dengan membuat layarnya di kedua bagian antara engsel saling menempel. Namun, desain ini tentunya membuat ukuran panjang smartphone lipat masih cukup panjang.

Justru pada desain ketiga yakni FIG.24 diperlihatkan smartphone tersebut dilipat dua kali dengan memiliki dua engsel penghubung. Jadi panjang smartphone dalam mode lipat semakin pendek, di sisi lain menjadi semakin tebal.



Tentunya apabila desain ini digunakan, kemungkinan besar panel layar yang akan dipasang sudah memiliki kemampuan lengkung atau flesibilitas yang sangat tinggi sehingga bisa dilipat dua kali.

Selanjutnya di desain keempat atau FIG 22 diperlihatkan bahwa smartphone lipat hadir tanpa menggunaan engsel, tetapi di bagian sudut yang terlipat akan memiliki sedikit lengkungan lebih besar. Kemudian di setiap ujung bagian perangkat diberikan sebuah magent untuk bisa melekat.

Pengembangan desain smartphone lipat memang sangat populer. Samsung dan LG adalah merek yang gencar mendaftarkan paten smartphone lipat, mengingat keduanya juga memiliki bisnis memproduksi panel layar untuk produk televisi layar lengkung.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.