Apple Kembali Pangkas Produksi iPhone XS, XS Max, dan XR

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 28 Nov 2018 08:00 WIB
apple
Apple Kembali Pangkas Produksi iPhone XS, XS Max, dan XR
Apple dilaporkan kembali memangkas produksi untuk iPhone XS, XS Max dan XR.

Jakarta: Setelah dilaporkan beberapa kali terkait permintaan yang lemah, Apple disebut memangkas produksi iPhone XS, XS Max dan iPhone XR pada awal bulan November ini. Kini, laporan terbaru menyebut Apple kembali memangkas produksi ketiga iPhone tersebut.

Pada pemangkasan sebelumnya, laporan yang beredar menyebut keputusan Apple ini berkaitan erat dengan permintaan yang rendah. Laporan ini tidak menjelaskan secara terperinci besaran pemangkasan kali ini.

Namun, laporan tersebut menyatakan bahwa pemangkasan ini akan berdampak pada pemasok di Taiwan. Salah satu perusahaan dilaporkan terpaksa untuk merumahkan sebanyak 110 pegawai untuk menyeimbangkan diri dengan pemangkasan produksi Apple tersebut.

Selain itu, pemasok lensa kamera iPhone Largan Precision kini memprediksi penurunan pendapatan besar pada bulan November ini. Laporan tersebut juga mengklaim bahw TSMC, perusahaan yang bertanggungjawab terhadap produksi chip A12 Bionic, telah menerima pesanan lebih sedikit.

Berbeda dengan pemasok lain, hal ini tidak berdampak besar untuk TSMC, karena perusahaan tersebut juga terlibat dalam produksi chip Huawei terbaru, Kirin 980, yang digunakan oleh seri Mate 20 dan Honor Magic 2.

Dengan ketidaksediaan Apple mengumumkan angka penjualannya kepada publik, pendapatan akan menjadi indikator utama untuk popularitas iPhone. Namun dengan harga tinggi, rendahnya permintaan untuk perangkat ini tidak akan terlalu kentara.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.