Canon Ciptakan Flash Kamera Berbasis Kecerdasan Buatan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 27 Feb 2018 11:10 WIB
canon
Canon Ciptakan Flash Kamera Berbasis Kecerdasan Buatan
Canon Speedlite 470EX-AI Flash yang ditanamkan kemampuan kecerdasan buatan atau AI.

Jakarta: Bagi Anda yang memanfaatkan perangkat flash tambahan yang dipasangkan di atas kamera DSLR atau dikenal hot shoe, tentu paham betapa memakan waktu mencari angle flash yang tepat untuk menghasilkan foto dengan pantulan cahaya yang dinginkan.

Permasalahan yang sudah sejak lama ditemukan ini akhirnya mendapatkan jawaban dari Canon. mereka mengumumkan telah menciptakan komponen flash hot shoe yang ditanamkan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Selama ini, fotografer harus berulang kali mengatur angle flash setiap kali berganti posisi foto atau jarak antara kamera dengan objek foto. Berkat Canon Speedlite 470EX-AI Flash, fotografer tidak lagi perlu memusingkan hal tersebut.



Canon Speedlite 470EX-AI Flash dijelaskan memiliki teknologi AI Bounce Technology yang secara otomatis akan menganalisis jarak antara kamera dengan objek foto serta angle untuk menembakkan pantulan lampu flash, sehingga diperoleh hasil foto dengan intensitas cahaya yang pas.

President & COO Canon USA Inc. Yuichi Ishizuka menuturkan bahwa kamera DSLR saat ini sudah memiliki fitur Autofocus, Auto Exposure, dan Auto Balance sehingga teknologi automatic flash menjadi satu fitur lagi untuk melengkapi deretan fitur tersebut.



Dalam pernyataan di situs resminya, pihak Canon memang tidak menyebutkan bahwa teknologi ini untuk fotografer pemula yang beralih dari smartphone ke kamera khusus fotografi. Bagi fotografer profesional mungkin teknologi ini hanya sedikit memudahkan mereka.



Canon Speedlite 470EX-AI Flash memiliki dua jenis konfigurasi penggunaan, full automatic dan semi automatic. Fitur ini dinilai sangat pas bagi fotografer profesional yang insting dan analisisnya sudah terasah dan tidak mau tergantung pada teknologi.

Komponen ini juga bisa menyimpan memori posisi pantulan cahaya yang menurut fotografer profesional sudah pas. Jadi Canon Speedlite 470EX-AI Flash tidak akan selalu mencari sudut baru melainkan hanya berubah ke posisi yang sudah ditentukan oleh fotografer.

Canon mengumukan Canon Speedlite 470EX-AI Flash mulai dijual pada bulan April 2018 dengan harga USD400 atau setara Rp5,4 juta.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.