Buka Experience Hub Pertama, Nikon Siap Serang Pasar Kamera Indonesia?

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 22 Nov 2017 16:01 WIB
kamera
Buka Experience Hub Pertama, Nikon Siap Serang Pasar Kamera Indonesia?
Nikon resmi buka Experience Hub di Indonesia (MTVN/DANU)

Jakarta: Produsen kamera Nikon hari ini meresmikan Nikon Experience Hub, sebuah toko resmi untuk produk kamera Nikon di Jakarta. Berlokasi di Mall Grand Indonesia, ini merupakan Nikon Experience Hub pertama di Indonesia dan dikatakan sebagai salah satu langkah Nikon Indonesia untuk memperluas pasarnya.

"Nikon Experience Hub menggunakan konsep yang menggabungkan toko dengan tempat bagi konsumen untuk menjajal beragam produk Nikon," ujar Takashi Yoshida dari Nikon Asia saat meresmikan Nikon Experience Hub.

"Di,sini pengguna kamera Nikon juga bisa menanyakan masalah teknis dan mendapatkan layanan purna jual."



Nikon Experience Hub sendiri menghadirkan beragam jenis kamera mulai dari kamera saku, mirrorless, hingga jajaran kamera DSLR. Di tempat ini Anda juga bisa menemukan lebih dari 20 lensa Nikkor untuk berbagai kebutuhan fotografi.

Tertinggal

Meski merupakan salah satu merek kamera besar dunia, nama Nikon masih tergolong tidak terlalu besar di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah Nikon masih tergolong tertinggal di pasar kamera mirrorless yang kini sangat digemari oleh pecinta fotografi.

Sementara di sisi lain, merek saingannya yaitu Sony, Fujifilm, dan Canon sudah sangat gencar mempromosikan kamera mirrorless barunya.



Pasar kamera mirrorless memang sedang naik pesat. Menurut data dari Camera & Imaging Products Association (CIPA), jumlah pemasaran kamera mirrorless naik hampir satu juta unit sepanjang tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2016. Di sisi lain, pemasaran kamera DSLR turun sekitar 200 ribu unit dari tahun 2016 ke 2017.

Punya Senjata Baru

Nikon memang tidak tinggal diam. Produsen kamera tersebut sudah mengkonfirmasi akan merilis kamera mirrorless baru yang dijanjikan bakal merevolusi dunia fotografi. Kamera mirrorless baru Nikon juga dilaporkan akan menggunakan sensor full-frame, sehingga pendekatan pasarnya diprediksi akan seperti Sony ketimbang Fujifilm atau Canon yang masih puas dengan sesor APS-C di kamera mirrorless.

Sayangnya, Yoshida masih belum mau membocorkan kapan kamera tersebut akna hadir di pasar. Namun ia memastikan kamera mirrorless baru Nikon bakal hadir di Indonesia jika saatnya telah tiba. 



"Kami belum bisa mengumumkan kapan, yang jelas kamera tersebut bakal datang ke Indonesia jika saatnya telah tiba. Jangan khawatir," jelas Yoshida.


(MMI)

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu
Review Smartphone

Honor 10, Saat Tampilan dan Fitur Premium Jadi Satu

2 weeks Ago

Honor 10 menjadi smartphone flagship pertama Honor yang diboyong ke Indonesia.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.