30 Tahun Lagi, Robot Bakal Punya IQ 10 Ribu

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 30 Oct 2017 15:21 WIB
robot
30 Tahun Lagi, Robot Bakal Punya IQ 10 Ribu
CEO SoftBank, Masayoshi Son. (AP Photo/Eugene Hoshiko, File)

Metrotvnews.com: Kecerdasan buatan super akan tidak lama lagi. Setidaknya begitulah menurut CEO SoftBank, Masayoshi Son.

Miliarder asal Jepang itu sempat berbicara dalam acara Future Investment Initiative di Riyadh, Arab Saudi. Dia menyebutkan, dalam waktu 30 tahun, kecerdasan buatan akan memiliki IQ 10 ribu. Sebagai perbandingan, IQ rata-rata manusia adalah 100 dan sementara orang jenius memiliki IQ 200. 

Konsep dari suatu waktu ketika mesin menjadi jauh lebih pintar dari manusia sering disebut dengan konsep singularitas. Namun, seperti yang disebutkan oleh CNBC, topik ini masih menjadi topik yang sering diperdebatkan di komunitas teknologi. 

"Singularitas adalah konsep ketika otak manusia dikalahkan, ini akan menjadi titik balik, titik persimpangan dari kecerdasan buatan mengalahkan otak manusia dan hal ini akan terjadi pada abad ini pastinya. Saya rasa, seharusnya tidak ada lagi perdebatan atau keraguan tentang ini," ujar Son. 

Perkiraan Son akan kapan singularitas terjadi termasuk agresif. Dia berkata, konsep itu akan menjadi kenyatan dalam waktu 30 tahun ke depan. Tidak heran jika kepercayaan Son akan kekuatan kecerdasan buatan begitu kuat. Tidak hanya dia merupakan pemimpin dari perusahaan teknologi, dia juga telah menanamkan investasi dalam jumlah besar untuk masa depan AI. 

Son bertanggung jawab atas Vision Fund senilai USD100 miliar (Rp1.360 triliun). Dia memperkirakan, seluruh investasi tersebut akan digunakan dalam waktu 5 tahun ke depan dan semua dana itu akan disalurkan ke teknologi terkait AI. Son percaya, AI akan membawa perubahan besar di setiap industri. Son, yang kini berusia 60 tahun, masih ingat pertama kali dia menggunakan smartphone, perangkat yang mengubah dunia. 

"Ketika saya pertama kali bertemu dengan Steve Jobs, sebelum dia meluncurkan iPhone, dia berkata pada saya, 'Masa, Masa, jika kamu tahu apa yang sedang saya kembangkan, ketika saya selesai membuatnya, saya akan menunjukkannya padamu, kamu pasti akan sangat kaget.' Dan ketika saya melihatnya, saya memang sangat terkejut."

Salah satu contoh robot serupa manusia adalah Pepper, yang bisa mengerti emosi manusia, membuat banyak orang terkagum-kagum. Di masa depan yang Son bayangkan, Pepper akan menjadi bahan tertawaan. "Tiga puluh tahun dari sekarang, mereka akan bisa belajar sendiri, mereka mungkin akan menertawai kita semua," kata Son.

"Sekarang, mereka terlihat manis dan mereka akan tetap terlihat manis, tapi mereka akan menjadi jauh lebih pintar."


(MMI)