Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Ideal untuk Bangun Markas di Bulan

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 23 Oct 2017 10:16 WIB
antariksasains
Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Ideal untuk Bangun Markas di Bulan
Ilmuwan Jepang temukan lokasi ideal untuk bangun markas di Bulan

Metrotvnews.com: Ilmuwan Jepang dilaporkan telah menemukan lokasi yang tepat untuk membangun markas di Bulan. Ini tentu akan sangat menarik, mengingat NASA dan badan antariksa dunia lainnya sedang mempertimbangkan untuk membangun fasilitas khusus di satelit alami Bumi tersebut.

Menurut IFL Science, lokasi markas tersebut berada di Marius Hills yang merupakan salah satu wilayah di Bulan. Di lokasi tersebut, ilmuwan Jepang menemukan sebuah kubah lava yang terbentuk secara alami dan memiliki ukuran yang sangat besar sehingga bisa dijadikan sebagai lokasi yang paling ideal untuk membangun markas di Bulan.

Kubah lava merupakan gua yang sangat besar dan terbentuk dari aliran lava sebelum akhirnya membeku. Kubah lava ini diperkirakan sudah ada sejak miliaran tahun saat Bumi dan Bulan pertama kali terbentuk di tata surya.



Lalu apa hubungannya kubah lava dengan markas di Bulan? Sebagaimana yang telah diketahui, bulan memiliki atmosfer yang sangat tipis. Hal tersebut membuat radiasi kosmik dan asteroid dapat menghantam apa saja yang ada di permukaan Bulan kapanpun itu. Tentu saja ilmuwan tidak ingin markas manusia pertama di Bulan hancur karena dihantam asteroid.

Yang paling menarik dari kubah lava ini adalah ukurannya. Ilmuwan sudah melakukan observasi lebih lanjut dan diperkirakan kubah tersebut memiliki luas hingga lebih dari satu kilometer dan kedalaman lebih dari 100 meter. Kubah ini juga diperkirakan merupakan bagian dari jaringan kubah lava lainnya yang memiliki luas total lebih dari 60 kilometer.

Apakah kota Bulan buatan manusia pertama bakal dibuat di tempat tersebut?


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.