BlackBerry KEYone Akhirnya Masuk Indonesia, Harganya?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 23 Nov 2017 16:18 WIB
blackberrysmartphone
BlackBerry KEYone Akhirnya Masuk Indonesia, Harganya?
Peluncuran BlackBerry KEYone di Indonesia. (MTVN)

Jakarta: BB Merah Putih meluncurkan smartphone baru di Indonesia, yaitu KEYone. Berbeda dengan Aurora yang masuk ke kategori kelas menengah, KEYone muncul sebagai smartphone premium dengan harga Rp8.999.000.

Bukan stylus atau fitur anti-air yang BlackBerry unggulkan dari KEYone, tapi keyboard fisik yang memang sempat menjadi ciri khas dari ponsel buatan BlackBerry. 

Secara global, KEYone diluncurkan dalam acara Mobile World Congress pada akhir Februari kemarin. Lalu, kenapa KEYone baru hadir di Indonesia sekarang? Menurut COO BB Merah Putih Sukaca Purwakardjono alasannya adalah karena proses persiapan yang rumit.

"Prosesnya yang memang panjang, dari kesiapan secara teknologi sampai distribusi," kata Sukaca saat ditemui di Plaza Senayan, Kamis (23/11/2017). 

Dari segi spesifikasi, KEYone memang tidak terlihat istimewa. Smartphone berbalut warna hitam ini memiliki layar 4,5 inci dengan resolusi Full HD dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dan RAM 4GB serta memori internal 64GB.

KEYone dilengkapi dengan kamera belakang 12MP dengan sensor Sony IMX378 dan kamera depan 8MP. KEYone memiliki baterai berdaya 3.505 mAh dan sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang disebutkan bisa mengisi 50 persen baterai hanya dalam waktu 35 menit.

Satu hal yang VP Sales & Marketing Stanley Widjaja tonjolkan dalam pemaparan tentang KEYone adalah smart keyboard miliknya. Selain kenyamanan untuk mengetik menggunakan keyboard fisik, salah satu fitur menarik pada keyboard KEYone adalah bisa mengatur 2 shortcut pada setiap tombol abjad.

Anda bisa mengakses shortcut tersebut dengan mengetuk tombol dua kali atau melakukan long press. Dia mencontohkan, tombol huruf M bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Maps dan Mail secara cepat. 



"Keyboard ini juga terintegrasi dengan sensor sidik jari," kata Widjaja. Sensor tersebut ada di tombol spasi. "Keyboard juga bisa berfungsi layaknya trackpad. Jadi, Anda bisa melakukan swipe pada keyboard sehingga ia berfungsi layanya trackpad."

Seperti biasa, keamanan menjadi satu fitur yang BlackBerry tonjolkan dari KEYone. "Sejak pertama, kami menanamkan aplikasi khusus untuk memastikan agar smartphone aman, secara sistem tidak bisa diretas," ujar Widjaja. "Kami juga melakukan update software KEYone secara rutin."

Fitur lain yang BlackBerry unggulkan adalah Privacy Shade, yang memungkinkan Anda untuk menghitamkan sebagian layar untuk memastikan orang yang ada di sebelah Anda tidak bisa membaca pesan yang tampil pada layar.

BlackBerry juga langsung menanamkan BlackBerry Hub, yang seperti namanya, berfungsi untuk mengumpulkan notifikasi yang masuk ke ponsel, mulai dari SMS sampai notifikasi media sosial. 

KEYone sudah mulai bisa dipesan di toko online sejak tanggal 16 November lalu. Smartphone ini dihargai Rp8.999.000. 


(MMI)