Perangkat Ini Bisa Isi Daya Secara Nirkabel Jarak Jauh

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 28 Dec 2017 15:50 WIB
teknologi
Perangkat Ini Bisa Isi Daya Secara Nirkabel Jarak Jauh
FCC memberikan izin pengisian daya nirkabel hingga jarak 3 kaki kepada Energous WattUp.

Jakarta: Badan regulasi komunikasi Amerika Serikat FCC dilaporkan telah menyetujui tipe baru dari sistem pengisian daya nirkabel untuk pertama kalinya. Berbeda dengan sistem pengisian daya nirkabel lain, sistem baru ini dapat mengisi daya perangkat dari jarak hingga hampir satu meter.

Penerima izin untuk transmitter tersebut adalah perusahaan bernama Energous, pengembang teknologi pengisian daya nirkabel jarak jauh, WattUp. Transmitter Mid Field WattUp tersebut akan digunakan untuk mengirimkan daya serupa Wi-Fi, dengan memanfaatkan teknologi RF.

Daya tersebut akan dikirimkan transmitter ke perangkat yang berada di jarak hingga tiga kaki atau hampir satu meter. Energous menyebut produk ini merupakan satu-satunya perangkat yang dapat mengirimkan daya melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Energous menyediakan dongle khusus yang dapat dihubungkan pengguna ke perangkat lain seperti laptop, saat berada jauh dari perangkat utama dan perlu mengisi perangkat berukuran kecil seperti smartwatch.

Selain itu, perangkat ini juga dapat mengisi berbagai perangkat, dan akan berhenti mengisi daya secara otomatis saat mendeteksi baterai telah terisi penuh. Ekosistem WattUp tersebut juga diklaim sebagai ekosistem agnostik.

Ekosistem tersebut memungkinkan perangkat menerima daya dari transmitter, meski diproduksi oleh produsen berbeda. Pengguna perangkat dapat masuk ke dalam ruangan yang telah didukung oleh teknologi WattUp, dan baterai perangkat akan terisi secara otomatis saat berada dalam jarak jangkauan.

Energous menyebut akan memamerkan produk dan teknologi karyanya tersebut pada ajang Consumer Electronics Show 2018. Ajang tersebut akan dihelat di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 8-12 Januari mendatang.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

2 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.