Peneliti Ciptakan Robot Lebah yang Bisa Terbang dan Menyelam

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 05 Nov 2017 17:11 WIB
robot
Peneliti Ciptakan Robot Lebah yang Bisa Terbang dan Menyelam
Tampilan robot mungil yang dikembangkan oleh peneliti di Harvard University

Metrotvnews.com: Peneliti di Harvard University berhasi mengembangkan sebuah robot dengan bentuk seperti lebah yang yang tidak hanya mampu terbang tetapi juga menyelam ke bawah air. Robot ini akan dikembangkan untuk kegiatan penelitian alam.

Berdasarkan laporan dari Quartz, robot yang diciptakan hanya memiliki bobot setara dua buah bulu, seberat 175 miligram dengan desain sayap untuk terbang tidak seperti drone. Sayapnya seperti serangga atau burung kolibri, yang mampu dikepakkan secara berlawanan. 

Hasilnya, robot ini bisa terbang maju dan mundur layaknya serangga atau burung kolibri yang tengah menghisap madu pada bunga. Robot tersebut mampu mengepakkan sayap sebanyak 250 kali per detik, sehingga mampu terbang secara stabil dan gesit. Sayap ini nantinya juga menjadi penggerak ketika berada di dalam air. 

Mengingat ukurannya yang sangat kecil, maka seluruh bagian dari robot ini dikerjakan secara manual. Pemotongan bagian dari robot tersebut dilakukan menggunakan laser. Untuk menyusunnya, para penliti harus menggunakan mikroskop untuk merangkai tiap bagiannya yang sangat kecil.

Untuk membuat robot ini bisa meluncur keluar dari bawah air dan langsung terbang, para peneliti menciptakan sebuah perlengkapan yang bisa menciptakan reaksi kimia. Jadi, ada bagian dari robot mungil ini yang mampu mengubah air menjadi oksigen dan hidrogen.

Ketika dua zat tersebut sudah terkumpul dalam jumlah yang cukup berbentuk gas, maka nantinya akan ada pemantik api yang akan membuat robot ini terlontar hingga ketinggian 12 inci ke udara sehingga bisa langsung terbang.

Para peneliti di Harvard University berharap, suatu hari nanti, purwarupa robot ini bisa dikembangkan untuk kegiatan penelitian alam, serta jika diperlukan untuk membantu misi search and rescue yang dilakukan di bawah permukaan laut.




(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

6 days Ago

Advan adalah produsen smartphone¬†lokal yang bisa dibilang pejuang sejati.¬†

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.