Google Sediakan Kamera 360 Derajat Demi Street View

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 03 Oct 2017 16:33 WIB
google
Google Sediakan Kamera 360 Derajat Demi Street View
Insta360 Pro adalah kamera 360 derajat yang mendapatkan lisensi dari Google sebagai perangkat yang mampu mendukung konten 360 untuk Street View.

Metrotvnews.com: Untuk berkontribusi dalam pembuatan konten Street View, Google mengumumkan perangkat kamera 360 derajat yang lebih ringkas.

Goole Street View adalah proyek Google sejak tahun 2007 untuk membuat konten foto panorama yang memperlihat lokasi di setiap objek tertentu dan jalanan di seluruh belahan dunia. Selama ini, proses pembuatannya cukup sulit karena membutuhkan perangkat kamera 360 derajat dengan teknologi yang kompatibel dan hasil foto yang sesuai dengan kebutuhan Google.

Apabila semua orang bisa berkontribusi, diharapkan suatu saat nanti Google memliki dokumentasi dari tiap lokasi di berbagai belahan dunia. Dikabarkan oleh Engadget, Google meresmikan perangkat kamera 360 derajat bernama Insta360 Pro yang sudah mendapatkan lisensi sebagai perangkat untuk menghasilkan konten Street View.

Insta360 Pro bukan kamera 360 derajat yang termahal di kelasnya. Harganya USD3.499 atau setara Rp47 juta. Oleh sebab itu, perangkat ini juga dimasukkan oleh Google sebagai perangkat yang bisa disewa gratis khusus untuk kebutuhan Street View lewat halaman mereka. Tentu saja, ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi.

Insta360 Pro bisa mengambil foto dengan kualitas resolusi 8K berkecepatan 5 frame per detik yang secara otomatis ukuran dan hasilnya disesuaikan dengan kebutuhan Google Street View. Kamera ini juga bisa dikendalikan lewat aplikasi di smartphone

Google sendiri menganjurkan penggunaan kamera ini diletakkan pada bagian atas atap kendaraan selama perjalanan, serupa dengan Google Street View Car yang menggunakan kamera 360 derajat berukuran lebih besar. Jika tidak maka bisa dipergunakan layaknya kamera 360 derajat yang kini semakin populer diproduksi.

Langkah Google ini adalah usaha untuk menghadapi kendala ketika harus mengabadikan foto sebuah lokasi yang memiliki jalan sempit atau kondisi jalanan yang sulit dilalui oleh kendaraan Google Street View Car maupun seseorang yang menggunakan perlengkapan kamera 360 Trekker buatan Google.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.