Fitur WhatsApp Ini Malah Bisa Jadi Celah Keamanan Pengguna

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 11 Oct 2017 10:27 WIB
whatsapp
Fitur WhatsApp Ini Malah Bisa Jadi Celah Keamanan Pengguna
Insinyur software menemukan kerentanan di WhatsApp yang dapat mengetahui aktivitas penggunanya.

Metrotvnews.com: Pada bulan Juli lalu, WhatsApp mengumumkan memiliki satu miliar pengguna aktif harian, dan seluruhnya dilindungi dari kejahatan siber yang memata-matai aplikasi pengguna berkat enkripsi end-to-end miliknya.

Pengumuman tersebut dapat diterjemahkan sebagai perlindungan yang tidak memungkinkan orang lain untuk memecahkan kode pelindung dan membaca konten pesan yang dikirimkan oleh pelanggan aplikasi WhatsApp tersebut.

Namun, insinyur software bernama Robert Heaton menemukan kerentanan yang memungkinkan orang lain mengetahui saat dua pengguna WhatsApp tengah berinteraksi satu sama lain, atau tengah tertidur. Menggunakan fitur Online Status dan Last Seen dapat memungkinkan seseorang menganalisa pola tidur pengguna.

Pengaturan Last Seen memungkinkan semua orang mengakses data, membatasinya untuk dapat dilihat hanya oleh kontak yang tersimpan, atau memungkinkannya disembunyikan dari semua orang. Secara default, informasi tersebut tersedia untuk dilihat oleh semua orang.

Sementara itu, informasi Online Status tidak dapat disembunyikan atau diatur batasan terkait kontak yang dapat melihatnya. Phone Arena juga melaporkan, Heaton mengungkap cara informasi tersebut dapat dimanfaatkan.

Hal pertama yang dilakukannya adalah membangun ekstensi Chrome, memungkinkannya mengawasi saat kontak aktif secara online menggunakan apliaksi web WhatsApp. Heaton menyebut hanya membutuhkan empat baris Javascript untuk melakukan hal tersebut.

Mengambil informasi tersebut dan membandingkannya dengan aktivitas kontak lain, Heaton dapat mengetahui saat dua kontaknya berkomunikasi satu sama lain. Kerentanan yang sama juga dapat dieksploitasi di Facebook.

Mengetahui pola tidur dari pengguna aplikasi pesan instan merupakan jenis informasi yang diprediksi banyak dicari oleh pengiklan online. Sehingga kerentanan ini, secara teori, dapat mendukung usaha bagi inividu yang memanfaatkannya.


(MMI)

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu
Review Smartphone

Andromax Prime, Begini Rasanya Pakai Ponsel 4G Rp300 Ribu

2 days Ago

Andromax Prime adalah feature phone sekaligus smartphone yang tepat bagi kalangan pengguna laya…

BERITA LAINNYA
Video /