CES 2018

LG Pamer Layar OLED Resolusi 8K Pertama di Dunia

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 02 Jan 2018 13:38 WIB
lgces 2018
LG Pamer Layar OLED Resolusi 8K Pertama di Dunia
LG menjadi pemain tunggal di industri televisi dengan panel OLED.

Jakarta: Dalam gelaran CES (Consumer Electronics Show) 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 7-12 Januari nanti, LG akan memamerkan televisi berpanel OLED dengan ukuran layar sekaligus resolusi terbesar pertama di dunia.

LG akan memamerkan televisi dengan panel OLED berukuran 88 inci dengan resolusi 8K. Produk LG kali ini akan meningkatkan kelas televisi mewah yang selama ini masih sebatas menampilkan resolusi 4K, seperti dikutip dari Engadget.

Diketahui saat ini pasar panel layar OLED khusus di perangkat televisi sudah dikuasai oleh LG seorang. Televisi berpanel OLED pertama kali masuk ke pasar pada tahun 2013 yang mampu menghadirkan warna hitam yang lebih pekat dibandingkan jenis panel lainnya.

Selain itu, ketebalan televisi juga bisa dipangkas menjadi lebih tipis. Teknologi OLED tidak seperti teknologi LCD yang membutuhkan backlight di bagian belakangnya, sehingga masih cukup tebal dan tidak bisa menampilkan warna yang benar-benar pekat.

Setelah Samsung memutuskan berhenti memproduksi televisi berpanel OLED di tahun 2015, LG menjadi satu-satunya pemain di industri ini. Samsung masih memproduksi panel OLED untuk kebutuhan panel smartphone.

LG juga sebetulnya ingin melakukan hal yang sama dengan Samsung, menyasar kebutuhan OLED untuk layar smartphone. LG baru saja berinvestasi sebesar USD4,4 miliar atau Rp59 triliun untuk pembangunan pabrik produksi OLED di luar negaranya yakni di Guangzhou, Tiongkok.

Pada Q3 2017, LG mengantongi keuntungan sebesar USD454 juta atau Rp6,1 miliar, 82 persen keuntungan tersebut berasal dari penjualan perangkat elektronik rumah tangga termasuk televisi.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.