Tokoh Doodle Hari Ini Gabriel Garcia Marquez, Wartawan dan Penulis Novel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 06 Mar 2018 11:20 WIB
internetgoogle
Tokoh Doodle Hari Ini Gabriel Garcia Marquez, Wartawan dan Penulis Novel
Google Doodle hari ini.

Jakarta: Gabriel Garcia Marquez yang menjadi tokoh Doodle hari ini adalah salah satu penulis berbahasa Spanyol yang paling ternama. Pada hari ini, Google merayakan ulang tahunnya yang ke-91 melalui Doodle.

Selain menulis novel, Marquez menulis puisi, cerita pendek, dan skenario. Dia juga merupakan seorang wartawan. Pria yang dikenal dengan nama panggilan Gabo ini menjadi orang asal Kolombia dan juga penulis Amerika Latin keempat yang memenangkan hadiah Nobel di bidang sastra pada 1982. 

Namun, hidupnya tidak mudah. Ketika dia berumur 85 tahun, dia didiagnosa menderita Alzheimer setelah dia harus berjuang melawan kanker kelenjar getah bening sejak 1999, lapor Al Jazeera.

Marquez terlahir di Aracataca, Kolombia pada 1927. Dia tumbuh bersama kakek dan nenek dari ibunya. Kakeknya adalah seorang kolonel yang membunuh seorang pria dalam sebuah duel.

Meskipun dia mengambil jurusan hukum, dia tidak pernah mendapatkan gelar. Dia justru memilih untuk berkarir sebagai jurnalis di El Espectador. 

Pada akhir 1940-an dan awal 1950-an merupakan era ketika masyarakat resah di Kolombia. Era ini akhirnya sering Marquez gunakan sebagai latar belakang dari novelnya. Kekacauan politik mendorong Marquez untuk pindah ke Cartagena de Indias. Di sana, dia terus menulis. 

Novelnya mengandung unsur dunia nyata. Marquez adalah wartawan yang menulis fiksi. Novel pertamanya, Leaf Storm, ditulis pada 1955, ketika dia berumur 27 tahun. 

"Saya adalah seorang wartawan. Saya selalu menjadi wartawan," kata Marquez pada Associated Press. "Buku-buku saya tidak akan bisa saya tulis jika saya bukan wartawan karena semua material itu diambil dari dunia nyata."


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.