Startup Sewa Sepeda Tutup, Pemilik Bawa Kabur Uang Pelanggan?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 18 Nov 2017 13:26 WIB
tiongkokstartup
Startup Sewa Sepeda Tutup, Pemilik Bawa Kabur Uang Pelanggan?
Sepeda Bluegogo. (STAFF/Reuters)

Metrotvnews.com: Perusahaan berbagi sepeda online terbesar ketiga di Tiongkok dikabarkan mengalami masalah keuangan, di tengah konsolidasi industri di negara Tirai Bambu tersebut. 

Bluegogo telah menghabiskan CNY600 juta (Rp1,2 triliun) yang didapat dari investor tahun ini sejak ia didirikan oleh CEO Li Gang dan menyediakan 700 ribu sepeda di berbagai kota di Tiongkok.

Sering disebut "Uber untuk sepeda", perusahaan-perusahaan berbagi sepeda ini memenuhi jalan-jalan di Tiongkok dengan sepeda berwarna oranye, kuning dan biru. Sepeda-sepeda saling bertumpuk adalah pemandangan yang biasa dilihat, lapor The Guardian. 

Perusahaan persewaan sepeda online ini memungkinkan pelanggan menyewa sepeda menggunakan smartphone mereka. Sepeda yang disewa bisa ditinggalkan di mana saja.

Tergantung perusahaan, pengguna hanya perlu membayar deposit CNY99 (Rp202 ribu) sampai CNY299 (Rp609 ribu). Ongkos sewa sepeda kemudian dihitung berdasarkan lama penggunaan, setiap 30 menit. 

Namun, Bluegogo dilaporkan tengah bermasalah. Media sosial di Tiongkok diramaikan oleh para pengguna yang memprotes bahwa mereka tidak bisa mendapatkan kembali deposit yang mereka titipkan. Selain itu, muncul kabar bahwa Li telah melarikan diri dari Tiongkok. 

Bluegogo mengklaim bahwa mereka memiliki 20 juta pelanggan di seluruh Tiongkok. Itu berarti, perusahaan pernah memegang setidaknya CNY1,98 miliar (Rp4 triliun) dalam bentuk deposit. Namun, saat ini, masih belum diketahui berapa banyak uang yang dipegang perusahaan. 

Menurut rumor yang beredar di media sosial Tiongkok, Li telah pergi dari Tiongkok, memaksanya membuat pernyataan di profilnya. "Saya selalu ada di Tiongkok, bertarung di garis depan untuk meminta maaf," ujarnya. 

Dalam suratnya, Li menuliskan operasi Bluegogo akan diambil alih oleh startup sewa sepeda online lainnya. Ketika wartawan Tiongkok mendatangi kantor Bluegogo, kantor tersebut terkunci dan terlihat telah ditinggalkan. Bluegogo juga tidak menjawab email atau SMS yang meminta komentar. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /