CES 2018

LG Ciptakan TV OLED 65 Inci yang Bisa Digulung

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 08 Jan 2018 12:37 WIB
lgces 2018
LG Ciptakan TV OLED 65 Inci yang Bisa Digulung
TV OLED LG berukuran 65 inci dengan teknologi panel OLED yang bisa digulung.

Jakarta: Dalam ajang CES 2018 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat, pekan ini LG memamerkan inovasi TV OLED. Apabila, kemarin LG memberikan bocoran TV OLED  88 inci resolusi 8K kini LG kembali dengan TV OLED 65 inci yang bisa digulung.

Pengembangan panel OLED yang bisa digulung sebetulnya bukan hal baru. Bahkan LG sempat menggunakan panel lengkung di salah satu smartphone



Dalam foto yang diunggah oleh CNET, terlihat TV OLED 65 inci tersebut bisa masuk ke dalam sebuah boks panjang yang mirip seperti sound bar. Artinya panel TV OLED tersebut bisa tergulung di dalamnya.

Pihak LG berencana tidak hanya membuat TV OLED ini bisa digulung tapi juga memiliki konsep portable yang bisa dibawa dan digunakan kapan saja dengan mudah.

Tampaknya, LG benar-benar menjadi penguasa inovasi panel OLED. Di ajang CES tahun sebelumnya, LG juga memamerkan TV OLED yang bisa digulung seperti kali ini tapi saat itu masih hadir dalam TV OLED ukuran 18 inci.



Kabar sebelumnya menyebutkan LG baru saja berinvestasi besar-besaran untuk fasilitas manufaktur di negaranya bahkan LG telah mengantongi izin dari negaranya untuk membangun fasilitas manufaktur dfi Guangzhou, Tiongkok, dengan nilai investasi Rp59 triliun.

Laporan finansial LG pada Q3 2017, LG mengantongi keuntungan sebesar USD454 juta atau Rp6,1 miliar, 82 persen keuntungan tersebut berasal dari penjualan perangkat elektronik rumah tangga termasuk televisi.

LG juga dirumorkan dalam tahap pendekatan untuk menjadi penyuplai komponen layar OLED untuk iPhone X buatan Apple.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.