XL Mulai Gelar Jaringan 4G di Kalimantan Barat

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 19 May 2017 18:10 WIB
xltelekomunikasi
XL Mulai Gelar Jaringan 4G di Kalimantan Barat
Peluncuran layanan 4G di Kalimantan Barat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengguna XL di Kalimatan Barat kini bisa menikmati layanan internet  4G. XL mengumumkan, sejak bulan Maret, mereka telah menyediakan akses ke jaringan 4G di 8 kota/kabupaten dari 14 kota/kabupaten yang ada di provinsi tersebut. 

“Tahun 2017 ini kami akan secara massif memperluas layanan 4G LTE ke berbagai wilayah layanan XL Axiata. Tidak hanya di kota-kota besar, namun juga kota-kota menengah dan kecil," ujar Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya. 

XL menjelaskan, seiring dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan smartphone 4G, semakin tinggi pula trafik layanan data. Menariknya, pertumbuhan pengguna smartphone 4G terjadi secara merata di seluruh wilayah operasi XL.

"Kalimantan Barat dan Kalimantan pada umumnya adalah daerah dengan permintaan atas layanan Data terus menunjukkan peningkatan yang signifikan, rata-rata hingga mencapai 99 persen dalam beberapa tahun terakhir. Karena itulah, pengembangan jaringan 4G LTE tidak bisa lagi ditunda-tunda," ujar Yessie.

Saat ini, XL telah menyediakan 120 BTS 4G untuk melayani pelanggan di Kota Pontianak, Kab. Kubu Raya, Kab. Ketapang, Kab. Pontianak, Kab. Bengkayang, Kab. Sambas, Kota Singkawang, dan Kab. Sanggau. XL menjelaskan, mereka memang memprioritaskan layanan 4G di kawasan yang paling membutuhkan seperti pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, area publik, dan pendidikan.

Di Kalimantan Barat, XL memiliki sekitar 225 ribu pelanggan, 73 persen di antaranya secara aktif menggunakan layanan data. Dua faktor utama yang membuat trafik data naik adalah akses ke konten video dan media sosial, yang kini juga semakin dipenuhi dengan video.


(MMI)