Ryzen Threadripper Unggul untuk Overclocking

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 10 Aug 2017 11:24 WIB
amd
Ryzen Threadripper Unggul untuk Overclocking
Ryzen Threadripper memiliki performa overclocking yang sangat baik

Metrotvnews.com: Prosesor AMD Ryzen Threadripper tampaknya akan tampil sebagai salah satu prosesor dengan kemampuan overclocking sangat baik.

Berbagai hasil overclocking baru-baru ini dibeberkan oleh mereka yang sudah mendapatkan prosesor tersebut, dan hasilnya terlihat sangat menjanjikan. Pengguna Reddit callingthewolf misalnya, yang mengklaim telah berhasil melakukan overclocking terhadap Ryzen Threadripper 1950X hingga 4,1GHz.

Threadripper 1950X merupakan prosesor 16 core 32 thread dengan base clock 3,4GHz dan boost clock 4GHz. Dalam unggahannya, callingthewolf mengatakan ia hanya menggunakan sistem pendingin cair Thermaltake Water 3.0, motherboard ASRock X399 Professional Gaming, dan 64GB RAM untuk mencapai 4,1GHz.

Saat melakukan overclocking, callingtheworlf mengklaim berhasil merai kecepatan 4,0GHz di semua core dengann voltase 1,25v. Ia kemudian menaikkan tegangannya hingga 1,4v sehingga bisa menaikkan kecepatan Threadripper 1950X ke 4,1GHz. 

Performa Ryzen Threadripper yang sangat baik dalam overclocking juga diperlihatkan saat acara AMD Days 2017 yang dilangsungkan sebelum prosesor tersebut resmi diumumkan di acara SIGGRAPH 2017. Pada saat itu, overclocker asal Indonesia yaitu Alva Jonathan berhasil meraih clock speed hampir 5,2GHz menggunakan pendingin nitrogen cair.

Dipadukan dengan konfigurasi 16 core 32 thread dan kecepatan tersebut, Alva berhasil mencatat skor untuk benchmark Cinebench R15 multi-core, yaitu dengan catatan skor mencapai 4122 poin. Sebagai perbandingan, rekor skor Cinebench R15 multi-core di semua prosesor yang telah kami uji masih dipegang oleh Intel Core i7 6950X Broadwell-E, yaitu sebesar 1980 poin.

Salah satu alasan mengapa Threadripper memiliki performa overclocking yang sangat baik adalah karena setiap komponen di dalam prosesor tersebut merupakan komponen terpilih dengan persentase hanya 2 persen dari seluruh komponen yang diproduksi. AMD mengatakan mereka hanya memilih komponen dengan nilai efisiensi yang paling baik untuk Threadripper.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.