IDTalent Ingin Bantu Pencari Kerja Cari Kerjaan yang Sesuai

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 08 Apr 2017 16:32 WIB
startup
IDTalent Ingin Bantu Pencari Kerja Cari Kerjaan yang Sesuai
Putra Nababan dalam acara ICN Festival 2017.

Metrotvnews.com, Tangerang: Jangan bekerja dengan terpaksa, tapi carilah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Demikian kata Jurnalis Senior dan Co-founder ID Talent, Putra Nababan, saat ditemui di Prasetiya Mulya, BSD City, dalam acara ICN Festival 2017. Menurutnya, jika seseorang bekerja dengan terpaksa, hasil pekerjaannya pun kurang maksimal. 

"Jangan hanya bekerja karena cuma itu lowongan yang ada," ujar Putra. "Tapi berdasarkan minat dan potensi." Hal inilah yang mendorong Putra untuk membuat idtalent.id, sebuah talent management digital platform. "Di platform ini, ada 3 pemegang kepentingan yang bertemu: perusahaan, pencari kerja dan recruiter."

Saat ini, Putra menjelaskan, ada ketimpangan antara tuntutan industri dan ketersediaan sumber daya manusia. Bukan jumlah SDM yang menjadi masalah, tapi kualitas. Dia menyebutkan, tidak sedikit mahasiswa yang telah lulus kuliah tidak siap untuk bekerja. 

Dengan idtalent, para pencari pekerjaan diharapkan bisa mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Sementara perusahaan akan dapat mencari pekerja yang mampu dan memiliki karakteristik yang sesuai dengan lebih mudah. 

Bagi pencari kerja setelah mendaftar, Anda akan diminta mengisi beberapa tes minat dan kepribadian. "Ada tes bakat, tes minta, ada profiling test. Tesnya nggak lama kok, paling 5-6 menit," kata Putra. "Dan semuanya bisa dilakukan melaui gadget." Tes-tes ini bertujuan untuk mencari tahu bakat dan minat pencari kerja.

Salah satu hal yang membedakan idtalent dengan platform lowongan pekerjaan lainnya adalah karena ia memiliki fitur Job Matching, yang menyesuaikan lowongan pekerjaan dengan bakat/minat pencari kerja. Untuk perusahaan, idtalent akan secara otomatis mengurutkan kandidat pelamar berdasarkan kecocokan kemampuan.

"Jangan bohongi diri sendiri. Kalau kerja dipaksain, nantinya malah furstrasi," katanya. 

Selain memudahkan pencari kerja mencari pekerjaan yang sesuai minatnya, tujuan lain dari idtalent adalah untuk memeratakan akses lowongan pekerjaan pada seluruh masyarakat Indonesia. Karena itulah, proses wawancara antara pelamar dan perekrut akan dilakukan secara online.

Dengan begitu, diharapkan, para pencari kerja yang tinggal di daerah dapat melamar pekerjaan di kota besar tanpa harus menghabiskan uang untuk ongkos perjalanan. Meskipun pelamar dan perekrut berada di kota yang sama, maka mereka dilarang untuk bertemu secara langsung. Wawancara akan tetap dilakukan secara online


(ABE)

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif
Review Mouse

Tt eSPORTS Ventus Z, Eksentrik dan Kompetitif

2 days Ago

Walaupun tidak mirip Level 10M Advanced, Tt eSPORTS Ventus Z adalah mouse┬ájuga mengusung …

BERITA LAINNYA
Video /