Inilah VGA Teranyar AMD Radeon Vega Frontier

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 17 May 2017 19:17 WIB
amd
Inilah VGA Teranyar AMD Radeon Vega Frontier
Radeon Vega Frontier merupakan kartu grafis kelas atas terbaru AMD

Metrotvnews.com: Menjelang ajang pameran teknologi Computex 2017, AMD secara mengejutkan memperkenalkan satu varian kartu grafis Vega terbaru.

Kartu grafis bernama Radeon Vega Frontier Edition tersebut dikenalkan pada acara AMD Financial Analyst Day yang baru saja dilangsungkan. Menurut AnandTech, kartu grafis ini hadir untuk konsumen kelas atas. Ia bahkan diklaim jauh lebih kencang dari Radeon Fury X yang merupakan kartu grafis premium AMD sebelumnya.

AMD bahkan memberikan detail spesifikasi Radeon Vega Frontier kali ini. Kartu grafis tersebut akan tampil dengan 4096 stream processor dan memori 16GB. Jenis memorinya sendiri menggunakan HBM2 yang memiliki kecepatan hingga 1,88Gbps, bandwidth hingga 480GBps, dan memory bus 2048-bit. Tentu saja, kartu grafis ini akan menggunakan GPU Vega terbaru dengan arsitektur 14nm sama seperti Polaris.



Radeon Vega Frontier juga akan tampil dengan boost clock hingga 1,59GHz. Kartu grafis kelas atas ini diklaim akan memiliki performa hingga 13TFLOPS dalam mode single precission dan 26TFLOPS untuk half precission. Angka tersebut jauh di atas Radeon Fury X yang hanya memiliki performa sebesar 8,6TFLOPS di masing-masing mode.

Sama seperti Radeon Fury X, Vega Frontier juga tampil degan sistem pendingin cair atau watercooling. AMD memang tidak menyebut berapa tingkat konsumsi daya pada kartu grafis ini. Yang jelas Radeon Vega Frontier tampil dengan dua konektor power dengan total 16 pin. Dengan demikian bisa dikatakan ia akan memiliki konsumsi daya sekitar 250W.

Vega Frontier juga diumumkan akan dipasarkan dalam waktu dekat, yaitu bulan Juni 2017 mendatang.




(MMI)

Video /