Perampokan iPhone Rp8 Miliar Seperti di Film

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 02 Aug 2017 15:07 WIB
iphone
Perampokan iPhone Rp8 Miliar Seperti di Film
Gambar screenshot dari video yang diambil oleh polisi Rumania. (YouTube / Polisi Rumania)

Metrotvnews.com: Minggu lalu, polisi menangkap sekelompok pencuri setelah mengejarnya selama satu tahun. Kelompok pencuri yang terdiri dari 5 orang Rumania ini ditemukan di desa di Belanda. Desa tersebut memiliki museum dengan salah satu koleksi lukisan Van Gogh terbesar.

Di markasnya, para polisi menemukan banyak iPhone dengan total nilai USD590 ribu (Rp8 miliar). Diperkirakan, para pelaku mencuri iPhone-iPhone tersebut dari belakang truk, ketika truk tersebut sedang melaju kencang di jalan. Media Belanda menyebut manuver ini sebagai "metode Rumania".

Dalam metode ini, para pencuri menyopir sebuah van yang telah dimodifikasi. Para pencuri akan mendekatkan mobil hingga bumper dari sebuah truk kargo. Kemudian, dua orang akan naik ke atap van dan berjalan ke bagian depan van. Setelah itu, salah satunya akan membuka kunci pintu truk sementara pencuri yang lain akan memegang kakinya. 

Setelah pintu truk terbuka, mereka akan masuk ke dalam dan memindahkan kargo dari dalam truk ke van. Menurut polisi, kelompok Rumania ini telah berhasil melakukan 17 pencurian dengan metode ini selama 2 tahun, lapor Gizmodo.

Metode Rumania ini sebenarnya telah digunakan jauh sebelum itu. Sebuah video yang diunggah oleh polisi Rumania pada 2012 menunjukkan sekelompok orang mencoba untuk menggunakan metode tersebut pada bulan Mei tahun yang sama. 

Difilmkan oleh helikopter polisi dalam gelap, video tersebut menunjukkan 2 pencuri muncul dari bagian sunroof mobil dan memanjat ke bagian depan mobil sebelum mencoba membuka kunci pintu dari truk kargo. 



Entah kenapa, setelah mengintip isi truk, para pencuri membatalkan usaha pencurian mereka. Masih belum diketahui apakah gang pencuri Rumania yang baru ditangkap ini menggunakan teknik yang sama, tapi satu hal yang pasti, mereka telah membuat strategi yang sempurna.

Sementara itu, masih belum diketahui hubungan yang jelas antara kelompok pencuri ini dengan kumpulan lukisan Van Gogh di desa tempat mereka bersembunyi. Kelompok pencuri ini bersembunyi di desa kecil di Belanda, Otterlo, dekat taman nasional di kawasan pusat Belanda.

Satu daya tarik utama Otterlo adalah Kröller-Müller Museum, yang memiliki salah satu koleksi lukisan Van Gogh paling lengkap. Namun, masih belum diketahui apakah para pencuri tersebut memang tertarik untuk mencuri lukisan-lukisan itu. 


(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /