Google Tawarkan Rp400 Triliun Demi Beli Snapchat?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 04 Aug 2017 11:48 WIB
media sosialgooglesnapchat
Google Tawarkan Rp400 Triliun Demi Beli Snapchat?
Snapchat dikabarkan menolak tawaran akuisisi Google.

Metrotvnews.com: Pada 2013, Facebook menawarkan USD3 miliar (Rp40 triliun) untuk mengakuisisi Snap. Snap -- yang ketika itu masih bernama Snapchat -- menolak tawaran tersebut.

Sekarang, muncul kabar yang menyebutkan bahwa Snap juga telah menolak tawaran USD30 miliar (Rp400 triliun) dari Google. Business Insider melaporkan, tawaran ini adalah "rahasia umum" di kalangan industri teknologi dan eksekutif senior Snap.

Diskusi tentang akuisisi memang sempat memanas sebelum Snapchat melakukan penawaran saham perdana (IPO) pada awal bulan Maret lalu. Meskipun begitu, disebutkan, pembicaraan informal memang biasanya juga terjadi ketika IPO atau pengumpulan dana. 

Tidak diketahui seberapa serius Google untuk mengakuisisi Snap. Namun, Snap menyebutkan, rumor itu salah sementara Google menolak untuk berkomentar. Salah satu narasumber menyebutkan, tawaran ini tetap berlaku bahkan sejak Snap melakukan IPO.

Saat ini, Snap memiliki valuasi sekitar USD15 miliar (Rp200 triliun). Jumlah yang ditawarkan oleh Google 2 kali lipat dari nilai perusahaan saat ini dan 10 kali lipat dari tawaran Facebook pada 2013. 

Meskipun Google gagal mengakuisisi Snap, CapitalG yang ada di bawah Alphabet, induk perusahaan Google, ikut berpartisipasi dalam pendanaan Seri F Snap, yang membuat perusahaan tersebut dihargai USD20 miliar (Rp26,6 triliun).

Mengingat CEO Snap, Evan Spiegel dikenal karena kemandiriannya, kecil kemungkinan dia akan menjual perusahaannya ke Google. Tapi, Google dan Snap tetap memiliki hubungan dekat, karena Snapchat adalah pelanggan Google Cloud. Selain itu, secara internal, Snap juga menggunakan sekumpulan aplikasi Google. 


(MMI)

Video /