Samsung Gandeng Operator Tiongkok Ponsel Lipat Baru

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 04 Aug 2017 08:43 WIB
samsung
Samsung Gandeng Operator Tiongkok Ponsel Lipat Baru
Samsung merilis ponsel lipat terbaru di Tiongkok, melalui operator seluler China Mobile.

Metrotvnews.com: Upaya Samsung dalam memproduksi ponsel berdesain lipat tidak berhenti meski Tiongkok menjadi satu-satunya pasar yang menggemari ponsel pengusung desain tersebut.

Samsung merilis ponsel lipat W2017 pada akhir tahun lalu, dan kembali menghadirkan ponsel terbaru melalui operator seluler China Mobile. Perangkat tersebut adalah Samsung G-9298, juga disebut dengan nama yang diterjemahkan dari bahasa Tiongkok sebagai Leadership 8.

Leadership 8 tampil dengan update signifikan jika dibandingkan dengan ponsel lipat model sebelumnya, W2017. Pembaruang paling terlihat dari ponsel lipat tersebut adalah prosesor yang mendukung perangkat ini, yaitu Snapdragon 821.

Ponsel lipat ini juga dilengkapi dengan kamera belakang 12MP, didukung aperture lebih lebar yaitu f/1.7, serta kamera depan 5MP dengan aperture f/1.9. Fitur lain yang mendukung ponsel ini termasuk teknologi pengisi daya baterai cepat.

Samsung juga melengkapi Leadership 8 dengan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang serta dua layar AMOLED 4,2 inci beresolusi 1080p, dengan satu layar terdapat di bagian dalam, sedangkan lainnya di bagian luar.

Leadership 8 dibekali baterai berkapasitas 2.300 mAh, tombol hotkey yang dapat dikonfigurasikan sesuai kebutuhan pengguna, serta teknologi Always-on pada layar ponsel lipat tersebut.

Konsumen Tiongkok telah dapat memperoleh Leadership 8 dari operator seluler Tiongkok, China Mobile. Sayangnya hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait ketersediaan ponsel lipat Samsung ini di negara lain selain Tiongkok.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.