Qualcomm Snapdragon 8cx, Prosesor Anyar untuk Laptop

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 07 Dec 2018 08:02 WIB
qualcomm
Qualcomm Snapdragon 8cx, Prosesor Anyar untuk Laptop
Miguel Nunes, Senior Director of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Maui: Belum menyerah untuk membuat Always Connected PC, Qualcomm meluncurkan system-on-chip baru, Snapdragon 8cx. Perusahaan mengklaim bahwa Snapdragon 8cx adalah prosesor 7 nm untuk komputer pertama di dunia.

Senior Director, Product management, Qualcomm Technology, Miguel Nunes mengatakan bahwa Snapdragon 8cx menggunakan Adreno 680 sebagai GPU.

"Ini adalah GPU paling ekstrem yang pernah Qualcom buat dengan peningkatan performa dua kali lipat dari prosesor sebelumnya," kata Nunes dalam Tech Summit yang diadakan di Maui, Hawaii.

"GPU ini 3,5 kali lebih baik dari Snapdragon 835. Ini adalah peningkatan performa terbesar pada platform Snapdragon. Dan ini dicapai dalam waktu kurang dari 8 bulan."

Untuk prosesor, Snapdragon 8cx menggunakan Kryo 495 sebagai CPU. Snapdragon 8cx juga menjadi Snapdragon pertama yang mendapatkan sertifikasi untuk Windows 10 Enterprise.



Qualcomm mengatakan, mereka juga menggandakan memory interface dari 64 bit ke 128 bit, yang berarti pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Saat ini, mereka telah memberikan sampel dari prosesor ini pada para perusahaan manufaktur komputer, seperti Lenovo. Kemungkinan, laptop dengan prosesor ini baru akan diluncurkan pada Q3 2019. 

Nunes mengklaim, meskipun peningkatan performa pada Snapdragon 8cx sangat tinggi, ini tidak mengorbankan baterai. "Faktanya, kami berhasil meningkatkan efisiensi daya 60 persen lebih baik dari Snapdragon 850," katanya.

Dengan kata lain, ketika keduanya digunakan untuk menyelesaikan tugas yang sama, Snapdragon 8cx akan mengonsumsi daya lebih sedikit.

Qualcomm juga menanamkan fitur Quick Charge 4+. Selain itu, Qualcomm juga memasang modem LTE dengan kecepatan mengunduh hingga 2Gbps.

Snapdragon 8cx juga memiliki memori LPDDR4X hingga 16GB dan mendukung layar dengan resolusi hingga 4K dan HDR.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.